Foto bersama Komisioner KPU Raja Ampat.

TEROPONGBEWS.COM, RAJA AMPAT- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Raja Ampat menggelar simulasi pemungutan dan penghitungan suara serta penggunaan Sirekap di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 04 kelurahan Waisai distrik Waisai Kota, Kabupaten Raja Ampat, Sabtu (21/11/2020).

Dalam pemilihan serentak lanjutan 2020, nantinya akan diterapkan protokol kesehatan pencegahan dan pengendalian pandemi Covid 19, guna mengantisipasi penyebaran virus tersebut di tengah-tengah masyarakat.

Kegiatan Simulasi tersebut, dihadiri oleh KPU Provinsi Papua Barat serta KPU Kabupaten Pengunungan Arfak dan KPU Kabupaten Manokwari Selatan

Perihal pelaksanaan simulasi ini tidak lain untuk memberikan edukasi dan wawasan terkait pemungutan dan penghitungan serta penggunaan Sirekap yang nantinya akan diterapkan oleh penyelenggara di TPS pada pelaksanaan tanggal 9 Desember 2020.

Komisioner KPU Raja Ampat, Bidang Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih serta Partisipasi Masyarakat dan SDM, Arsyad Sehwaky, mengatakan penggunaan Sistem Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara (Sirekap) ini sangat sederhana dan semakin efektif, akurat, efisien serta ramah lingkungan.

“Penggunaan Sistem Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara (Sirekap) ini sangat sederhana dan semakin efektif, akurat, efisien serta ramah lingkungan. Karena tidak banyak menggunakan kertas dan prosesnya tidak banyak menggunakan waktu yang sangat lama. Masyarakat pun bisa cepat mengakses nya sehingga akuntabilitas serta transparansi terjaga dengan sangat baik,” ujarnya.

Dikatakan, proses yang perlu diketahui oleh penyelenggara bahkan pemilih mengenai hal baru dan kebijakan yang berbeda dalam proses pemilihan di masa pandemi serta adanya penggunaan aplikasi Sirekap.

Kegiatan proses simulasi secara teknis keseluruhan mulai dari pemungutan pada pukul 07.00 ampai pukil 13.00 WIT dan dilanjutkan dengan Penghitungan Suara serta pengaplikasian Sirekap di TPS.

Berita lain untuk anda