Sejumlah trotoar yang sementara dibangun di sejumlah ruas jalan di dalam Kota Kupang. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, KUPANG – Selain memasang sebanyak 1.800 unit lampu jalan, Pemerintah Kota (Pemkot) Kupang juga gencar membangun trotoar, di berbagai ruas jalan yang menjadi kewenangan Pemkot Kupang.

“Pada tahun 2020 ini, Pemkot Kupang membangun trotoar baru di tiga ruas jalan, yakni Jalan Perintis Kemerdekaan di Kelurahan Kelapa Lima, Jalan Soekarno di Kelurahan Fontein, dan Jalan Sam Ratulangi di Kelurahan kelapa Lima. Anggarannya mencapai Rp 4,5 miliar,” kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Kupang, Benyamin Ndapamerang lewat rilisnya yang diterima Teropongnews.com, Kamis (29/10/2020).

Menurut Ndapamerang, saat ini penataan trotoar digencarkan untuk mewujudkan wajah kota yang indah dan menawan. Selain itu, membuat nyaman warga ketika berjalan kaki.

Trotoar yang dibangun saat ini sesuai standar nasional yakni tidak hanya sebagai akses warga normal namun juga memberikan kemudahan bagi kaum difabel apabila melintas.

“Kita ingin menata kota ini ke arah kota menengah dan kota besar, sehingga standarnya kita memakai standar yang lebih baik dan tinggi,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Bina Marga Dinas PUPR Kota Kupang, yang juga Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), Maxi Dethan menjelaskan, dalam pengerjaan trotoar ada 2 jenis kegiatan dalam 1 paket kerja, yakni untuk trotoar di Jalan Sam Ratulangi dan Jalan Soekarno bersifat renovasi atau perbaikan.

Sedangkan di Jalan Perintis Kemerdekaan di Kelurahan Kelapa Lima, merupakan pembangunan trotoar baru.

Maxi menegaskan pekerjaan ketiga trotoar ini ditargetkan berakhir pada Desember 2020. “Dipastikan selesai bulan Desember, sekitar tanggal 16 atau 17 itu,” ungkapnya.

Berita lain untuk anda