Berita

Wali Kota Ternate Serukan Kolaborasi dan Aksi Iklim, Ini Tujuannya

×

Wali Kota Ternate Serukan Kolaborasi dan Aksi Iklim, Ini Tujuannya

Sebarkan artikel ini
PT Pertamina Patra Niaga DPPU Babullah bersama dengan IAGI Maluku Utara, Pokdarwis Limau Ma Tubu dan Ternate Geopark Youth Forum saat menyelenggarakan Konservasi Geowisata Batu Angus: Youth Clean-Up di Zona III Batu Angus. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, TERNATE – Sejak tahun 2021, PT Pertamina Patra Niaga DPPU Babullah telah merealisasikan tanggung jawab sosial perusahaan berupa Corporate Social Responsibility (CSR)), di Kelurahan Tubo melalui program Kampung Eduwisata Tubo.

Program tersebut turut berkontribusi mendukung pemerintah dalam penetapan warisan geologi Batu Angus sebagai Geopark Nasional.

Wali Kota Ternate, M. Tauhid Soleman mengaku, kegiatan ini sejalan dengan yang apa sudah dijalankan oleh Pemerintah Kota Ternate.

Terlebih, di Ternate terdapat 43 titik Batu Angus, dan seluruh titik ini sedang diarahkan menjadi geowisata, tidak sekadar geopark. “Semoga Batu Angus secepatnya bisa diakui sebagai geowisata nasional,” kata dia kepada wartawan, di Ternate, Senin (31/10/2022).

Untuk itu, Wali Kota mendorong Kelurahan Tubo menjadi kawasan Geowisata Batu Angus. Pasalnya, Tubo merupakan satu dari sekian kelurahan yang memiliki Batu Angus.

5018
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Kegiatan Youth Clean-Up ini juga diharapkan bisa memicu kepedulian warga umumnya dan anak muda khususnya, untuk lebih menjaga kebersihan di Batu Angus.

“Ini juga pekerjaan rumah Camat Ternate Utara dan Lurah Tubo untuk mendorong warga lebih peduli menjaga kebersihan,” tandasnya.

Sebelumnya, Ketua Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI) Maluku Utara, Deddy Arif mengapresiasi kegiatan ini sebagai wujud aksi iklim dan bentuk nyata keberpihakan pemuda untuk mewujudkan Geopark Ternate.

“Jika dikaitkan dengan SDG’s aspek mitigasi dan perubahan iklim, kegiatan itu semakin penting,” tambahnya.

Untuk diketahui, PT Pertamina Patra Niaga DPPU Babullah bersama dengan IAGI Maluku Utara, Pokdarwis Limau Ma Tubu dan Ternate Geopark Youth Forum telah menyelenggarakan Konservasi Geowisata Batu Angus: Youth Clean-Up di Zona III Batu Angus.