Penyerahan proposal dari aparat kampung Seed Agung, Distrik Muting kepada Kadis TPHP Merauke.Foto-ist/TN

 654 total views (dibaca)

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Guna mendapatkan dukungan dari Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) Kabupaten Merauke untuk pengembangan kopi di Muting, aparat Kampung Seed Agung ajukan proposal ke Dinas TPHP setempat.

Isi proposal adalah meminta dukungan dinas dalam rencana pembukaan kebun Kopi di Kampung Seed Agung. Sekertaris Distrik Muting, Sukito yang juga ikut dalam pengajuan proposal tersebut menyampaikan bahwa Petani Kopi Muting sudah ada sejak tahun 1995, namun belum diakomodir dalam penjualan hasilnya sehingga banyak yang beralih ke tanaman lain.

“Saat ini melalui PS Kanit Binmas Polsek Muting, Kopi Muting milik petani lokal dapat dibeli dengan harga yang terjangkau dan sudah dipasarkan di sejumlah toko di Merauke sehingga sangat membantu perekonomian di tengah Pandemi Covid-19,” ujar Sukito Jumat (29/01/2021) di Merauke.

Oleh karena itu, para petani kopi minta pihak dinas membantu kegiatan pembukaan lahan, pengadaan bibit serta pemupukannya.

Hal senada juga disampaikan Kepala Kampung Seed Agung, I Nengah Sudiana bahwa lahan Kas Desa sebesar 10 Hektar dan 15 Hektar lahan milik petani kopi di kampung mereka benar-benar membutuhkan peran dinas terkait.

“Kami sangat optimis, dengan bantuan dari dinas akan mempercepat kami dalam berkerja dan hasil ke depannya akan sangat membantu meningkatkan perekonomian di kampung kami,” pungkas Sudiana.

Awalnya, PS Kanit Binmas Bripka Jasman Tristanto saat bertugas sejak November 2020, melakukan pemetaan untuk menggali potensi masyarakat dan kebetulan komiditi kopi saat ini lagi trend.

Sayangnya, komoditi kopi tersebut belum dikelola dengan baik sehingga perlu ada kordinasi dengan pihak terkait agar kopi dapat dipasarkan.

“Kopi Muting sudah diproduksi sekitar 300 Kg dan sudah dipasarkan di Kabupaten Merauke dan dikirim keluar Merauke,” tutur Jasman.

Kini, lanjut Jasaman, sudah dilakukan pembibitan sebanyak 10.000 anakan kisaran tiga bulan umurnya. Jasman juga sepaham meminta dukungan Dinas TPHP guna memenuhi harapan petani.

Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Merauke Ibu Ir. Y. Ratna Laoce mengaku baru mengetahui ada potensi kopi di Muting.Yang diketahuinya hanya di Distrik Jagebob dan Distrik Sota.

Akhirnya, Kadis sepakati dan siap mengakomodir pembukaan lahan perkebunan kopi dalam tahun ini, melalui mekanisme pengusulan agar masuk dalam APBD Perubahan Tahun 2021.

Berita lain untuk anda

Jelang Idul Adha, DPRD Maluku: Hewan Kurban Harus Sehat dan Layak Dikonsumsi

 772 total views (dibaca)  772 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, AMBON – DPRD Provinsi Maluku menegaskan, menjelang hari…

Orang Isolasi Mandiri di Tidore Kepulauan Sebanyak 693 Orang

 797 total views (dibaca)  797 total views (dibaca) Ternate, TN – Orang yang melakukan isolasi mandiri di…

Turut Mendukung Pemulihan Ekonomi Nasional Melalui Ekspor, PT. BIA Terima Penghargaan

 744 total views (dibaca)  744 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – PT. Bio Inti Agrindo (BIA) merupakan…

Biaya Transportasi Pasien Rujukan Akan Ditanggung Dinkes Ternate

 789 total views (dibaca)  789 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, TERNATE – Biaya trasnportasi untuk pasien yang akan…

HUT RI Ke-76, Walikota Sorong Minta Do’akan Arwah Para Pahlawan

 727 total views (dibaca)  727 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Pemerintah Kota Sorong Menggelar Upacara peringatan Hari…

Daya Tarik Web Series yang Kian Diminati, Yuk Cari Tahu Penyebabnya!

 1,234 total views (dibaca)  1,234 total views (dibaca) TERPPONGNEWS.COM – Web series atau serial pendek belakangan ini…

Bantu Perangi Covid-19 Gubernur Apresiasi Bank Mandiri

 851 total views (dibaca)  851 total views (dibaca) Manokwari, TN – Dalam rangka mencegah penyebaran corona virus…

BKO Pilkada, Pasukan Brimob Nusantara Tiba di Merauke

 700 total views (dibaca)  700 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Minggu (06/12/2020), Kapolres Merauke AKBP Ir.…

Upaya Lindungi Masyarakat dari Covid-19, ASN Dilarang Mudik dan Open House

 763 total views (dibaca)  763 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Sebagai upaya untuk memproteksi dan melindungi…

Simpang Siur Info Corona, Komisi Informasi Sulsel: Bisa Kacau

 753 total views (dibaca)  753 total views (dibaca) Makassar, TN – Ketua Komisi Informasi Provinsi Sulawesi Selatan…