Anggota DPRD kota Sorong, Safruddin Sabonama, terima aspirasi dari aliansi mahasiswa. Foto Hizkia/TN

 2,025 kali dilihat

TEROPONGNEWS.COM, SORONG – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Sorong melalui ketua Fraksi Amanat Kesejahteraan Bangsa, Syafruddin Sabonama mengungkapkan pencabutan izin galian C Km 10 Kota Sorong tinggal menunggu waktu.

Hal ini diungkapkannya saat menerima belasan mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Masyarakat Bergerak Kota Sorong, Selasa, (6/9/2022) di halaman Kantor DPRD setempat guna menyampaikan aspirasi terkait kenaikan harga BBM bersubsidi dan banjir di Kota ini.

Ia menyebutkan, belum lama ini ada kunjungan Pj Gubernur Papua Barat, Komisaris Jenderal Polisi (Purn) Paulus Waterpauw, Pj Walikota Sorong, George Yarangga, dan Anggota DPRD Provinsi Papua Barat Abdulla Gasam pada tanggal 1 September 2022 lalu.

Ditambahkan Sabon, Sapaan akrab Syafruddin Sabonama izin galian C merupakan kewenangan Provinsi sehingga Pj Gubernur mengambil langka menghentikan aktifitas tersebut menurutnya hal yang tepat.

“itu (aktifitas galian C) sudah dihentikan, kemarin Pj Gubernur, Pj Walikota Sorong, Anggota DPRD Provinsi Abdulla Gasam sudah kesana, nah ijin galian C itu ada di provinsi, kita menunggu saja ijin itu akan di cabut semua,” ujar Syafruddin.

Sebelumnya DPRD Kota Sorong sudah bertahun tahun berupaya menghentikan kegiatan tersebut, bahkan disebutkannya. Penegakan Hukum Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan perna menghentikan aktifitas tersebut.

“Terkait dengan galian C, itu sudah dari tahun lalu kita kejar sampai tim Gakkum KLHK (Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan) sudah menghentikan semua aktifitas penambangan pasir galian C di KM 10 Masuk,” lanjutnya.

Hal ini disampaikan Politikus Partai PAN Kota Sorong ini menanggapi poin ke 7 dari tuntutan pada pendemo yang tergabung dalam Aliansi Masyarakat Bergerak.

Berikut bunyi salah satu poin tuntutan Aliansi Masyarakat Bergerak yang dibacakan koordinator aksi, Abu Hasan Keliwar terkait aktifitas galian C KM 10 Kota Sorong. Aliansi Masyarakat Bergerak menilai aktifitas galian C merupakan salah satu penyebab terjadinya banjir di Kota Sorong yang terus terjadi belakangan ini.

“Mendesak pemerintah melalui DPRD Kota Sorong agar segera memberhentikan proses galian C di KM 10 Kota Sorong karena dinilai menjadi salah satu penyebab banjir,” ujar Abu Hasan Keliwar dalam membacakan poin tuntutan.

Berita lain untuk anda

Ribuan Paket Pangan Murah PT. SBI Merauke Habis Terjual

 2,613 kali dilihat 2,613 kali dilihat Merauke, TN – PT. Pelni Merauke melalui anak perusahaan PT.…

Ribuan Ayam Mati, Dinas PKH Lakukan Penyemprotan Disinfektan

 2,513 kali dilihat 2,513 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Sekitar 25.000 ekor ayam kampung dan 300…

Petugas PPD Ikuti Bimtek Pemungutan, Penghitungan dan Penggunaan Sirekap

 2,716 kali dilihat 2,716 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Petugas PPD dan Sekertaris PPD di 20…

Ini Dua Program Khusus PGRI Kabupaten Merauke

 2,589 kali dilihat 2,589 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Sebagai bentuk perhatian kepada anggotanya, PGRI Kabupaten…

Tahap Lanjutan 7,1 Km Ruas Jalan Soppeng–Batas Sidrap Siap Dituntaskan

 2,732 kali dilihat 2,732 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, MAKASSAR – Akses jalan yang mulus kini bisa dinikmati…

Cegah Penularan C-19, Pengelolaan Limbah APD Harus Sesuai SOP

 2,598 kali dilihat 2,598 kali dilihat Manokwari,TN– Pengelolaan Limbah B3 (infeksius) dan Alat Pelindung Diri (APD),…

Pemprov Papua Barat Salurkan 45.361 Paket Bapok Bantuan Pandemi Covid-19

 2,595 kali dilihat 2,595 kali dilihat Sorong,TN – Pemerintah Provinsi Papua Barat menyalurkan menyalurkan 45.361 paket…

Wisata Covid-19 di Sulsel Merupakan Program Multifungsi

 2,731 kali dilihat 2,731 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, MAKASSAR – Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Sulawesi Selatan…

Ketua Komisi II DPR RI : Dilihat Dari Letak Geografis, Raja Ampat Layak Dimekarkan

 2,761 kali dilihat 2,761 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, RAJA AMPAT- Ketua Komisi II DPR RI, Ahmad Doli…

Pemprov Kaltim Fokus Kembangkan Sektor yang Bisa Dongkrak PAD

 2,646 kali dilihat 2,646 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, SAMARINDA – Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), HM…