Anggota DPRD kota Sorong, Safruddin Sabonama, terima aspirasi dari aliansi mahasiswa. Foto Hizkia/TN

 456 total views (dibaca)

TEROPONGNEWS.COM, SORONG – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Sorong melalui ketua Fraksi Amanat Kesejahteraan Bangsa, Syafruddin Sabonama mengungkapkan pencabutan izin galian C Km 10 Kota Sorong tinggal menunggu waktu.

Hal ini diungkapkannya saat menerima belasan mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Masyarakat Bergerak Kota Sorong, Selasa, (6/9/2022) di halaman Kantor DPRD setempat guna menyampaikan aspirasi terkait kenaikan harga BBM bersubsidi dan banjir di Kota ini.

Ia menyebutkan, belum lama ini ada kunjungan Pj Gubernur Papua Barat, Komisaris Jenderal Polisi (Purn) Paulus Waterpauw, Pj Walikota Sorong, George Yarangga, dan Anggota DPRD Provinsi Papua Barat Abdulla Gasam pada tanggal 1 September 2022 lalu.

Ditambahkan Sabon, Sapaan akrab Syafruddin Sabonama izin galian C merupakan kewenangan Provinsi sehingga Pj Gubernur mengambil langka menghentikan aktifitas tersebut menurutnya hal yang tepat.

“itu (aktifitas galian C) sudah dihentikan, kemarin Pj Gubernur, Pj Walikota Sorong, Anggota DPRD Provinsi Abdulla Gasam sudah kesana, nah ijin galian C itu ada di provinsi, kita menunggu saja ijin itu akan di cabut semua,” ujar Syafruddin.

Sebelumnya DPRD Kota Sorong sudah bertahun tahun berupaya menghentikan kegiatan tersebut, bahkan disebutkannya. Penegakan Hukum Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan perna menghentikan aktifitas tersebut.

“Terkait dengan galian C, itu sudah dari tahun lalu kita kejar sampai tim Gakkum KLHK (Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan) sudah menghentikan semua aktifitas penambangan pasir galian C di KM 10 Masuk,” lanjutnya.

Hal ini disampaikan Politikus Partai PAN Kota Sorong ini menanggapi poin ke 7 dari tuntutan pada pendemo yang tergabung dalam Aliansi Masyarakat Bergerak.

Berikut bunyi salah satu poin tuntutan Aliansi Masyarakat Bergerak yang dibacakan koordinator aksi, Abu Hasan Keliwar terkait aktifitas galian C KM 10 Kota Sorong. Aliansi Masyarakat Bergerak menilai aktifitas galian C merupakan salah satu penyebab terjadinya banjir di Kota Sorong yang terus terjadi belakangan ini.

“Mendesak pemerintah melalui DPRD Kota Sorong agar segera memberhentikan proses galian C di KM 10 Kota Sorong karena dinilai menjadi salah satu penyebab banjir,” ujar Abu Hasan Keliwar dalam membacakan poin tuntutan.

Berita lain untuk anda

Luar Biasa ! Anggota DPRD Fakfak, Sony Hegemur Bangun Gedung TK/Paud Pakai Biaya Pribadi

 1,185 total views (dibaca)  1,185 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, FAKFAK- Pendidikan PAUD bisa menjadi tempat anak untuk…

Proses Hukum SW akan Berlanjut ke Meja Hijau

 1,339 total views (dibaca)  1,339 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, SORONG- Kasus dugaan tindak pidana korupsi dengan tersangka…

Para Pelajar di Kendari Diajak Perangi Korupsi dengan Cara Ini

 1,019 total views (dibaca)  1,019 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, KENDARI – Dalam rangka menyambut Peringatan Hari Anti…

Serap Aspirasi di Bulan Suci Ramadhan 1443 H, Marthinus Nasarany Sebut Itu Reses Istimewa

 3,436 total views (dibaca)  3,436 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, AIMAS- Anggota DPR Provinsi Papua Barat, Marthinus A.…

Martinus Ndiken: Pergantian Ketua DPD Partai NasDem Hal Yang Wajar

 986 total views (dibaca)  986 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Ketua DPC Partai NasDem Distrik Kurik,…

Belasan Siswa Calon Perwira Polda Maluku Dinyatakan Sehat

 986 total views (dibaca)  986 total views (dibaca) Ambon, TN – 14 dari 16 Siswa Calon Perwira…

Delapan Fraksi di DPRD Maluku Setujui Ranperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD 2021

 406 total views (dibaca)  406 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Delapan fraksi di DPRD Provinsi Maluku…

Dokter Nevile: Mau Varian Apapun yang Penting Prokes dan Vaksin

 1,097 total views (dibaca)  1,097 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM – Agar tetap kuat dan tidak tertular virus…

Untuk Cairkan Insentif Nakes, Ini Syaratnya

 985 total views (dibaca)  985 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Untuk mencairkan insentif tenaga kesehatan (nakes)…

Gubernur : Masyarakat Pegaf Harus Dukung Kerja Gustu COVID-19

 1,046 total views (dibaca)  1,046 total views (dibaca) Manokwari,TN– Gubernur Papua Barat, Drs Dominggus Mandacan mengajak masyarakat…