1,732 total views (dibaca)

Jakarta, TN- Guna Percepatan Penanganan Corona Virus Disease (COVID-19) di Indonesia, Presiden Joko Widodo telah menandatangani Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Refocusing Kegiatan, Relokasi Anggaran serta Pengadaan Barang dan Jasa. Penandatanganan Inpres tersebut langsung dijabarka isinya oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani.

“Inpres meminta Kementerian/Lembaga (K/L) mengutamakan alokasi anggaran yang ada untuk mempercepat penanganan Covid-19 sesuai protokol penanganan,” ujar Sri Mulyani, seperti dikutip dari katadata.co.id, Selasa (23/3).

Dalam rinciannya, Sri Mulyani menginstruksikan para menteri atau pimpinan lembaga, gubernur, bupati, dan walikota untuk mengutamakan penggunaan anggaran yang ada untuk kegiatan yang mempercepat penanganan Covid-19.

Penggunaan anggaran mengacu pada protokol penanganan Covid-19 di K/L, Pemda dan rencana operasional yang ditetapkan Gugus Tugas percepatan penanganan Covid-19. Selanjutnya, mempercepat pengadaan barang dan jasa untuk percepatan penanganan Covid 19.

Percepatan tersebut dilakukan dengan mempermudah dan memperluas akses sesuai undang-undang dan peraturan pemerintah (PP) terkait penanggulangan bencana, PP terkait Pengadaan Barang dan jasa Pemerintah, dan Perpres Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana dalam keadaan tertentu.

Selanjutnya, menteri, pimpinan lembaga dan pimpinan daerah diminta melakukan pengadaan barang dan jasa dalam rangka penanganan Covid-19 dengan melibatkan LKPP dan BPKP.

Pengadaan barang dan jasa alat kesehatan dan alat kedokteran untuk penanganan Covid-19 juga harus dilakukan sesuai dengan standar yang ditetapkan Kementerian Kesehatan.

Sesuai Inpres, Sri Mulyani diminta menginstuksikan agar dapat memfasilitasi proses revisi anggaran secara cepat, sederhana, dan akuntabel.

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo diminta mengambil langkah percepatan penggunaan APBD dan/atau perubahan Peraturan Kepala Daerah tentang penjabaran APBD untuk percepatan penanganan Covid-19 kepada gubernur/bupati/walikota.

Menteri Perencanaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono ditugaskan untuk mempercepat penyiapan dan pembangunan infrastruktur untuk penanganan Covid-19.

Sedangkan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto diinstruksikan mempercepat pemberian registrasi alat kesehatan dan kedokteran untuk penanganan Covid-19.

Sementara Kepala BPKP Muhammad Yusuf Ateh dan Kepala LKPP Roni Dwi Susanto diharapkan bisa melaksanakan tugasnya masing-masing dalam pendampingan, pengawasan keuangan, dan pengadaan barang dan jasa untuk penanganan pandemi ini.

Berita lain untuk anda

DPP PKP Beri Kewenangan Penuh Bagi DPK Laksanakan Tugas

 1,618 total views (dibaca)  1,618 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Dewan Pimpinan Provinsi (DPP) Partai Keadilan…

Hari Ini, Wali Kota Kendari dan Sejumlah Tokoh Divaksin

 1,709 total views (dibaca)  1,709 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, KENDARI – Berdasarkan jadwal yang telah ditetapkan, para…

Sub PB PON/XX Papua Kabupaten Merauke Gelar Rapat Bersama Jurnalis

 1,602 total views (dibaca)  1,602 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Panitia Sub PB PON/XX Papua tahun…

Bantu Perangi Covid-19 Gubernur Apresiasi Bank Mandiri

 1,787 total views (dibaca)  1,787 total views (dibaca) Manokwari, TN – Dalam rangka mencegah penyebaran corona virus…

Kalau Ada Calon Bupati Selain Pit-Matret di Taroi, Itu Hanya Gambar Saja

 1,848 total views (dibaca)  1,848 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, TAROI – Komitmen Suku Sebyar Distrik Taroi untuk…

Thomas Kimko Berbagi Pengalaman Pengusaha Ternak Ayam Petelur

 2,556 total views (dibaca)  2,556 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Ketua Himpunan Pengusaha Ayam Ras (HIPAR…

Apel Perdana Tahun 2022, Walikota Sorong Minta ASN Tingkatkan Semangat Baru

 1,636 total views (dibaca)  1,636 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Wali Kota Sorong Lambert Jitmau, memimpin apel…

Pemkot Dukung Pembangunan Gereja Bethfage Jemaat Soya

 2,470 total views (dibaca)  2,470 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Pembangunan Gedung Gereja Bethfage Jemaat GPM…

Wattimena Minta ASN Serius Lakukan Perubahan

 982 total views (dibaca)  982 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Jajaran ASN di lingkup Pemerintah Kota…

Jelang Harganas ke-28, Wawali Makassar Canangkan Sejuta Akseptor

 1,527 total views (dibaca)  1,527 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MAKASSAR – Wakil Wali (Wawali) Kota Makassar, Fatmawati…