KiKa: Kepala Perwakilan SKK Migas Pamalu Subagyo; Kepala Divisi Pengelolaan Rantai Suplai dan Analisis Biaya SKK Migas, Erwin Suryadi; Kepala Dinas ESDM Yohan Abraham Tulus, SH ,MH, mewakili Gubernur Papua Barat; Koordinator Pelaksana Forum Kapasitas Nasional 2022 Fery Sarjana; PT Subitu Group salah satu perwakilan UMKM binaan BP Indonesia Evalda Cherrys Yandeday. (Foto: Mega/TN)

 617 total views (dibaca)

TEROPONGNEWS.COM,SORONG- Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) terus berkomitmen menciptakan efek berganda industri hulu migas terhadap sektor-sektor lainnya.

Tujuannya agar terbangun kapasitas nasional yang memiliki daya saing untuk mengejar target produksi produksi 1 juta barel minyak per hari dan gas sebanyak 12 miliar kaki kubik per hari (BCFD) pada 2030.

Hal tersebut juga sejalan dengan program pembinaan lingkungan yang merupakan bagian dari program G-20 dan kebijakan pemerintah yang mendorong pergerakan ekonomi nasional yang tertuang dalam Peraturan Pemerintah No. 29 Tahun 2018 tentang Pemberdayaan Industri.

Sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan peran industri penunjang nasional dalam kancah sektor hulu minyal das gas, SKK Migas dan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) kembali memfasilitasi pertemuan para pemangku kepentingan (stakeholder) industri hulu migas di area operasi Pamalu.

Pertemuan yang dilakukan di Vega Hotel, Selasa (14/6/2022) tersebut merupakan bagian dari Pra Kegiatan Forum Kapasitas Nasional 2022 yang akan diselenggarakan di lima kota, yaitu Surabaya, Batam, Sorong, Balikpapan dan Palembang, yang masing-masing mewakili area operasi Jawa, Bali, Nusa Tenggara, Papua dan Maluku (Pamalu), Kalimantan dan Sulawesi, dan Sumatra Bagian Selatan,

Kegiatan ini juga sejalan dengan upaya SKK Migas yang sejak 2015 terus mendorong peningkatan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) di industri hulu migas untuk memberikan dampak positif bagi perekonomian nasional.

Divisi Pengelolaan Rantai Suplai dan Analisis Biaya SKK Migas, Erwin Suryadi, mengatakan bahwa SKK Migas terus berkomitmen agar TKDN di sektor hulu migas nasional terus meningkat.

“Untuk menstimulasi tumbuhnya daya saing industri-industri nasional, UMKM dan koperasi, kami dan KKKS terus membuat program-program yang bertujuan untuk meningkatkan daya saing sehingga pendapatan pemerintah, baik pusat maupun daerah, tetap bergulir dan bahkan meningkat,” ujar Erwin Suryadi.

Erwin berarap, kegiatan ini akan mempertemukan para pelaku industri hulu migas dan industri penunjangnya sehingga mereka dapat memanfaatkan peluang terkait pengadaan barang dan jasa hulu migas ataupun pengembangan potensi-potensi masyarakat yang belum digarap, maupun perlu ditingkatkan lagi.

“Kami berharap forum ini juga dapat mendorong peningkatan TKDN dan juga menyerap tenaga kerja di wilayah operasi migas lebih banyak lagi,” tutup Kepala Divisi Pengelolaan Rantai Suplai dan Analisis Biaya SKK Migas, Erwin Suryadi.

Sementara itu, Kepala Perwakilan SKK Migas Pamalu Subagyo, mengatakan SKK Migas dan KKKS terus memberikan kesempatan kepada pengusaha lokal, usaha kecil menengah (UKM) maupun koperasi untuk mengambil peran dalam mengembangkan industri hulu migas dan industri-industri penunjangnya.

“Salah satunya dengan melakukan pelatihan bagi mereka agar dapat memenuhi kualifikasi yang diminta KKKS. Di Sorong ini misalnya, SKK Migas bersama sejumlah KKKS mendampingi masyarakat Kampung Arar memanfaatkan potensi yang menjadi nilai jual pariwisata guna peningkatan ekonomi. Kami mendorong dibentuknya usaha Desa Wisata (DEWI) yang ada di sekitar Pulau Arar,” jelasnya.

Dalam acara Pra Kegiatan Forum Kapasitas Nasional tersebut SKK Migas menyampaikan kebijakan dan regulasi-regulasi terbaru yang berhubungan dengan aktivitas usaha industri hulu migas.

SKK Migas terus berupaya mendekatkan para pelaku usaha daerah untuk ambil bagian sebagai penunjang industri hulu migas, sekaligus mendorong peningkatkan kemampuan dan kapasitas para pelaku usaha di daerah untuk terlibat lebih jauh di aktivitas industri hulu migas.

Berita lain untuk anda

Sasar Ibu-Ibu Janda, Keluarga Jhoni Diamara Bagikan 200 Paket Kemanusiaan

 417 total views (dibaca)  417 total views (dibaca) Manokwari, TN – Sebagai salah satu bentuk dukungan kepada…

Pelni Merauke Pekerjakan Sembilan Warga Kelurahan Maro Dalam Program PEN

 464 total views (dibaca)  464 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM. MERAUKE – Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), adalah…

Jumlah Kasus Covid-19 Kian Bertambah, Dinas Kesehatan Diminta Proaktif

 401 total views (dibaca)  401 total views (dibaca) Jayapura, TN – Satgas Covid-19 Provinsi Papua minta Dinas…

Mei 2022, Kota Ambon Alami Inflasi Sebesar 0,69 Persen

 4,071 total views (dibaca)  4,071 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Pada Mei 2022, dari 90 Kota…

Berikan Edukasi, Manokwari Siap ikut Lomba Inovasi “New Normal”

 465 total views (dibaca)  465 total views (dibaca) Manokwari,TN– Menuju “New Normal” maka Kabupaten Manokwari bersiap-siap mengikuti…

Maling Benjol-Benjol Dihajar Massa di Makassar

 414 total views (dibaca)  414 total views (dibaca) Makassar, TN – Nasib naas dialami Andika (19), Nugrah…

Reses Anggota DPR RI, Ini Permintaan Gapoktan OAP Merauke

 458 total views (dibaca)  458 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Orang Asli…

Puluhan Penerima Vaksinasi di Merauke Kembali Divaksin Tahap Kedua

 475 total views (dibaca)  475 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Setelah mendapat vaksinasi Covid-19 pertama, 14…

Sulaeman Hamzah Serahkan Bantuan Freezer di Gudang Arang

 470 total views (dibaca)  470 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Anggota Komisi IV DPR RI Fraksi…

Satgas Covid-19 Gencar Laksanakan Operasi Yustisi di Ambon

 532 total views (dibaca)  532 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Kota Ambon telah memberlakukan PPKM Level…