Peluncuran soft-launch platform digital Rutong.id oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Desa Pembangunan Desa Tertinggal dan Transmigrasi (Sekjen Kemendes PDTT), Taufik Madjid, Selasa (2/3/2021). Foto-Ist/TN

 713 total views (dibaca)

TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Negeri Rutong, Kecamatan Leitimur Selatan (Leitisel) Kota Ambon, dibawah kepemimpinan raja Reza Valdo Maspaitella, membuat gebrakan baru sebagai smart village pertama di Provinsi Maluku.

Hal ini ditandai dengan soft-launch platform digital Rutong.id oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Desa Pembangunan Desa Tertinggal dan Transmigrasi (Sekjen Kemendes PDTT), Taufik Madjid, Selasa (2/3/2021).

Kegiatan soft lauching yang digelar via aplikasi meeting online antara Kemendes PDTT dan Balai Kota Ambon tersebut, turut dihadiri oleh Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy, beserta jajaran pimpinan OPD di lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon, para Camat, Kades/Raja serta Lurah.

Maspaitella dalam laporannya menyatakan, inisiasi pengembangan smart village Negeri Rutong adalah untuk menjawab tantangan-tantangan dalam tata kelola pemerintahan, pengembangan SDM sebagai titik sentral pembangunan, komunikasi publik yg efektif dan terbuka, pemberdayaan masyarakat, serta pengembangan sektor ekonomi.

“Sudah waktunya masyarakat negeri ini untuk melakukan suatu lompatan digital, agar tetap dapat bersaing, baik secara nasional dan global. Dengan langkah awal negeri ini membuat platform digital Rutong.id,” kata dia.

Lewat platform digital ini, kata Maspaitella, Negeri Rutong tetap akan mengutamakan adat budaya untuk memajukan perekonomian masyarakat negeri yang berbasis teknologi digital.

Olehnya itu, dia mengajak di negeri-negeri di wilayah Leitisel, untuk melaksanakan kerjasama pembangunan kawasan, guna percepatan pembangunan, baik di sektor eco-agro forestry, Pariwisata dan Perikanan.

Ditempat yang sama Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy, menyambut baik serta memberikan apresiasi yang tinggi atas soft launching Rutong.id, sebagai platform digital smart village yang pertama di kota Ambon dan Maluku. Menurutnya, hal ini sejalan cita–cita pengembangan Ambon Kota Pintar atau Ambon Smart City.

“Tidak ada cara lain untuk mengejar ketertinggalan kita, selain dengan memanfaatkan teknologi digital. Digitalisasi adalah sebuah kebutuhan, dan jika tidak diantisipasi kita akan terus tertinggal,” ungkap Wali Kota.

Wali Kota optimis, platform digital Rutong.Id akan membawa negeri Rutong semakin maju, mengoptimalkan pelayanan prima, inovasi, serta keterbukaan informasi yang merupakan ciri masyarakat modern.

“Saya berharap hal ini dapat menjadi contoh, bagi negeri – negeri adat lainnya yang ada di kota Ambon,” tandas Wali Kota.

Sementara itu, Sekjen Kemendes PDTT, Taufik Madjid juga memberi apresiasi yang tinggi serta menyambut baik peluncuran platform digital Rutong.id

Lebih jauh dia menjelaskan, langkah transformasi desa ke arah digital, telah diamanatkan Presiden RI Joko Widodo sejak 2020 lalu, yakni pertama; percepatan perluasan akses dan peningkatan infrastruktur digital, seperti penyediaan layanan internet desa/kelurahan.

Kedua, meminta jajaran terkait untuk mempersiapkan peta jalan transformasi digital di sektor-sektor strategis, antara lain pemerintahan, layanan publik, bantuan sosial, pendidikan, kesehatan, perdagangan, industri, dan penyiaran.

Ketiga, mempercepat integrasi pusat data nasional, keempat; penyiapan kebutuhan SDM talenta digital, serta kelima, mempersiapkan hal-hal yang berkaitan dengan regulasi, skema pendanaan, dan pembiayaan transformasi digital.

“Langkah–langkah ini perlu replikasi untuk membangun kawasan indonesia timur agar dapat maju dan bersaing dengan mereka yang ada di pulau Jawa,” pungkas Taufik.

Ditambahkan, dalam upaya membangun desa, pemerintah telah mengucurkan dana desa, yang dimanfaatkan secara optimal untuk mencapai sustainable development goals (SDGs) Desa. Sekjen mengingatkan, pemanfaatan dana desa harus benar–benar dirasakan oleh masyarakat.

“Prioritas penggunaan dana desa dalam mencapai SDGs Desa adalah, pemulihan ekonomi nasional sesuai kewenangan desa, program prioritas nasional sesuai kewenangan desa, dan adaptasi kebiasaan baru yaitu desa yang aman Covid-19,” tandas Taufik.

Berita lain untuk anda

Lantik Tim Faris-ORI di Lima Kampung, AFU : Ajak Pendukung KoKos Gabung dengan Faris-ORI

 616 total views (dibaca)  616 total views (dibaca) TEROPONGNEWS COM, RAJA AMPAT- Lima kampung di distrik Salawati…

RSUD Haulussy Sudah Miliki Mesin Tes Cepat Molekuler Covid-19

 675 total views (dibaca)  675 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Tim I Pengawasan Pelaksanaan Penanggulangan Covid-19…

Anggota DPR PB Asal Maybrat ini Kunjungi Masyarakat Mare Selatan

 716 total views (dibaca)  716 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MAYBRAT- Anggota DPR provinsi Papua Barat, Karel Murafer,…

DPRD Maluku: KPU MBD Siap Gelar Pilkada Serentak 2020

 668 total views (dibaca)  668 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, AMBON – KPU Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD)…

Imigrasi Merauke Terapkan Easy Pasport Secara Kolektif

 716 total views (dibaca)  716 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Setelah Direktorat Jenderal Imigrasi meluncurkan program…

Menuju PON Papua, Panpel Cabor Sepak Bola Putri Merauke Laksanakan Dua Kegiatan

 808 total views (dibaca)  808 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Panitia Pelaksana (Panpel) Cabang Olahraga (Cabor)…

Pelni Merauke Pekerjakan Sembilan Warga Kelurahan Maro Dalam Program PEN

 700 total views (dibaca)  700 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM. MERAUKE – Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), adalah…

Komisioner Tidak Netral, Pendukung PMK2 Palang Sekretariat Bawaslu

 760 total views (dibaca)  760 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, BINTUNI – Para pendukung dan simpatisan Petrus Kasihiw…

Komitmen SKK Migas- KKKS Bantu Pemerintah Hadapi Covid-19 Terhambat Pembatasan Wilayah

 711 total views (dibaca)  711 total views (dibaca) Tanimbar, TN – Kendati terhambat pembatasan wilayah di sejumlah…

Satu Kepala Desa di Talaud Dibina 3 Bulan

 657 total views (dibaca)  657 total views (dibaca) Talaud, TN – Kepala Desa (Kades) Bantane Utara, Kecamatan…