Berita

Perkaya Budaya Nasional Lewat Lagu “Dongakno Aku Bali”, Ini Harapan Danyonarmed 12

×

Perkaya Budaya Nasional Lewat Lagu “Dongakno Aku Bali”, Ini Harapan Danyonarmed 12

Sebarkan artikel ini
Danyonarmed 12/Divif 2 Kostrad, Letkol Arm Ronald F Siwabessy. Foto-Ist/TN

Ambon, TN – Lagu “Dongakno Aku Bali” (Doakan Aku Kembali), merupakan sebuah karya kecil, dan sangat sederhana yang diciptakan dan dinyanyikan sendiri oleh Danyonarmed 12/Divif 2 Kostrad, Letkol Arm Ronald F Siwabessy.

Lagu ini didedikasikan kepada para pejuang Covid-19, baik para medis, TNI/Polri, relawan dan segenap masyarakat yang senantiasa berbakti, tanpa mengenal lelah dan tanpa pamrih bagi kemaslahatan semua orang ditengah pandemi Covid-19.

Lagu ini juga sekaligus sebagai sebuah karya tribute kepada Didi Kempot, yang sukses mengangkat budaya daerah menjadi budaya nasional, yang dapat dinikmati semua kalangan.

“Jadi, kami ingin membuat sebuah lagu, yang secara umum itu menyatukan seluruh lapisan masyarakat dalam penanganan Covid-19. Karena sejatinya seluruh lapisan dan berbagai elemen masyarakatlah yang merupakan garda terdepan untuk penanganan Covid-19 ini. Relawan, Swasta, Paramedis, TNI, Polri, ASN, bahkan setiap individu dengan cara, dan profesi masing-masing bertanggungjawab untuk mencegah penyebaran virus ini. Dengan segenap keterbatasannya, lagu ini berupaya menyatukan semuanya,” kata Siwabessy yang dihubungi Teropongnews.com, dari Ambon, Kamis (21/5).

Lagu yang diciptakannya melalui kerjasama dengan Arif Kurniawan, salah satu musisi yang bernaung dibawah label Duta Gramedia ini, kata Ronald, bergenre keroncong dangdut (Congdut). Pembuatan video klip lagu tersebut, menurut Siwabessy mengambil lokasi di sekitar lokasi destinasi wisata sejarah, yaitu Benteng Van Den Bosch, Kabupaten Ngawi dan turut mengandeng musisi-musisi kenamaan di Kabupaten Ngawi, seperti Arif Kurniawan, Budi Prasetio, Styven Chu, dan Denny Caknan.

5018
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

“Keinginan saya, lagu ini bisa menjadi penyemangat bagi orang-orang yang turut berperan dalam penanganan Covid-19, dari berbagai profesi, baik para medis, relawan, TNI, Polri, maupun ASN,” kata dia.

“Jangan salah lho, genre baru dari Ngawi ini banyak mendapat tempat di hati masyarakat. Beberapa penyanyi Ngawi yang sedang populer di level nasional, seperti Didi Kempot (Alm) dan Deni Caknan, saat ini viewer Youtube-nya mencapai ratusan juta,” imbuh Ronald melanjutkan.

Dia kemudian mencontohkan, salah satu penyanyi lokal di Kabupaten Ngawi yang sukses diundang ke ajang bergengsi Indonesian Idol, Denny Caknan sukses mengangkat budaya keroncong lagu-lagu berbahasa Jawa, lewat lagu Kartonyono Medot Janji, saat ini memiliki viewer di YouTube sebanyak 141 juta.

“Sosok Didi Kempot sendiri sudah saya kenal sejak tahun 2005. Nah, setelah Didi Kempot reborn, banyak bermunculan penyanyi-penyanyi muda dengan bahasa Jawa, dan mereka diterima dengan sangat baik,” ucap Ronald.

Menurutnya, bekerja sama dengan musisi-musisi muda Ngawi memang mengasyikan. Didi Kempot mengawalinya bertahun tahun, sehingga saat ini bermunculan musisi-musisi Ngawi yang luar biasa, walau mengedepankan budaya daerah, namun mampu meraih viewer ratusan juta. “Ini yang Top, melalui musik tapi turut mengangkat budaya nasional,” jelasnya.

Lanjut Siwabessy, kehadiran diri dan satuannya untuk merangkul musisi-musisi muda juga bertujuan baik, karena selain aktif berkreasi mengangkat budaya, musisi-musisi muda juga harus disadarkan, bahwa secara tidak langsung mereka telah menjadi tokoh masyarakat.

“Apa yang diperbuat, tentulah akan dijadikan teladan bagi para generasi muda lainnya. Oleh karena itu, musisi-musisi muda harus mampu memberikan kontribusi yang positif lewat karya, tutur kata, dan tindakan yang positif serta produktif demi Indonesia yang lebih baik. Kalau penasaran, bisa didengerin di sini https://youtu.be/nWHL0APTZ7A,” tandasnya.