Berita

Pelantikan Kepala Daerah Ditunda

×

Pelantikan Kepala Daerah Ditunda

Sebarkan artikel ini
Kepala Biro Humas Setda Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), HM Syafranuddin. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, SAMARINDA – Pengambilan sumpah dan pelantikan bupati/wali kota terpilih pada Pilkada Tahun 2020 untuk gelombang pertama dipastikan tidak digelar pada Rabu (17/2/2021).

Selain belum ada Surat Keputusan (SK) Mendagri, juga ada rencana pelantikan dilakukan serentak pada Jumat (26/2/2021) mendatang.

Informasi itu disampaikan Kepala Biro Humas Setda Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), HM Syafranuddin, setelah mendapat informasi dari Kepala Biro PPOD Deni Sutrisno.

“Setelah kami berkoordinasi, dipastikan SK Mendagri terkait pengangkatan kepala daerah hasil Pilkada Tahun 2020 yang seyogyanya dilantik pada hari ini, diundur ke Jumat tanggal 26 Februari 2021,” kata Syafranuddin, lewat rilisnya yang diterima Teropongnews.com, Rabu (17/2/2021).

Disebutkan, Kemendagri mengharapkan semua kepala daerah yang akan mengemban tugas hingga tahun 2024 ini dilantik bersamaan dan melelalui virtual.

5026
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Disebutkan, untuk memastikan SK Mendagri terbit Biro PPOD sudah berada di Jakarta, hanya saja yang terbit baru SK pemberhentian pejabat lama.

Jubir Pemprov Kaltim ini menambahkan, seharusnya ada 6 kepala daerah yang dilantik, namun 2 diantaranya masih ada sengketa di Mahkamah Konstitusi (MK), yakni Kutai Kartanegara dan Kutai Timur. Empat daerah lainnya adalah Berau, Mahakam Ulu (Mahulu), Paser dan Samarinda.

“Kutim masih menunggu hasil sidang MK, sedangkan untuk Kutai Kartanegara gugatannya sudah diputus MK, Senin kemarin, sehingga proses pengusulan bisa dilakukan Pemkab dan DPRD Kukar, didahului dengan penetepan KPU Kukar,” ujar dia.

Dia menambahkan, kepala daerah hasil Pilkada Tahun 2015 di Kaltim yang berakhir masa tugasnya pada tanggal 17 Februari 2021 yakni Kukar, Paser, Kutim, Mahulu, Samarinda dan Berau.

“Sementara Kota Bontang dan Kubar pada tanggal 23 Maret 2021 dan Kota Balikpapan pada tanggal 30 Mei 2021,” tandas dia.