Mulai 1 September 2020, Petugas BPS Datangi Rumah Warga Untuk Sensus Penduduk

Apel bersama persiapan pelaksanaan sensus penduduk. (Foto:Ist/TN)

TEROPONGNEWS.COM, SORONG – Ratusan petugas Badan Pusat Statistik (BPS) kota Sorong akan dikerahkan untuk memverifikasi data di setiap rumah, untuk melakukan Sensus Penduduk mulai Selasa (1/9/2020).

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Sorong Ir. Mery mengatakan bahwa Sensus Penduduk di kota Sorong melibatkan 375 orang petugas sensuss.

“Sensus ini akan dilaksanakan pada tanggal 1-30 September 2020. Karena pengumpulan data di tengah pandemi Covid-19, maka akan dilakukan dengan menjaga protokol kesehatan, “ujar Merry.

Dijelaskan Merry, Seluruh petugas Sensus di lapangan menerapkan protokol kesehatan dengan memakai masker, face shield, hand sanitizer serta wajib menerapkan physical distancing saat bertemu responden.

Selain itu, Merry menyebutkan, ciri-ciri petugas sensus yang akan datang kerumah memakai rompi berwarna biru tua dengan logo sensus penduduk di bagian dada kanan, logo BPS di bagian kiri daj tulisan “Petugas Sensus” di bagian punggung.

Kemudian membawa tas punggung berwarna hitam dengan logo BPS dan sensus penduduk 2020, memakai tanda pengenal yang bertuliskan nama petugas,  dan membawa surat tugas dari BPS Kota Sorong

” Saya berharap masyarakat dapat menerima petugas sensus tanpa takut terpapar Covid-19 dan saya juga berharap agar masyarakat menerima petugas dan menjawab pertanyaan sejujur-jujurnya, demi keakuratan data penduduk. Sebab data tersebut nantinya bisa dimanfaatkan pemerintah dalam mengambil suatu kebijakan, “terangnya.