Kepala Bidang Penagihan dan Keuangan BPJS Kesehatan Cabang Sorong, Ficky Trianto menjelaskan bahwa BPJS Kesehatan Cabang Sorong melakukan kerja sama dengan Bank Sampah Sorong Raya, untuk memberikan fasilitas khususnya kepada peserta pada segmen PBPU atau Mandiri di Wilayah Kota Sorong. (Foto:Ist/TN)

 2,366 total views (dibaca)

TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Dengan bermodalkan tabungan sampah, kini masyarakat Sorong Raya dapat membayar iuran Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Hal tersebut merupakan inovasi dari BPJS Kesehatan dan kerja sama dengan Bank Sampah Sorong Raya untuk mempermudah pembayaran iuran JKN bagi peserta JKN, sekaligus memberikan edukasi kepada masyarakat untuk mengelola sampah guna menjaga lingkungan tetap bersih.

Kepala Bidang Penagihan dan Keuangan BPJS Kesehatan Cabang Sorong, Ficky Trianto menjelaskan bahwa BPJS Kesehatan Cabang Sorong melakukan kerja sama dengan Bank Sampah Sorong Raya, untuk memberikan fasilitas khususnya kepada peserta pada segmen Pekerja Bukan Perima Upah (PBPU) atau Mandiri di Wilayah Kota Sorong untuk mengumpulkan dan menjual sampah sesuai klasifikasinya kepada Bank Sampah Sorong Raya.

“Kemudian hasil dari penjualan sampah tersebut peserta akan diberikan tabungan, selanjutnya dari hasil tersebut akan dikonversi untuk pembayaran iuran JKN,” jelasnya, Senin (10/10/2022).

Menurut Ficky, selain membantu lingkungan tetap bersih dengan pengelolaan sampah yang baik, masyarakat mendapat keuntungan ekonomis dengan menabung sampah yang mana sampah tersebut akan dikelola oleh bank sampah dan akan menghasilkan sejumlah uang untuk tabungan sampah yang nantinya digunakan masyarakat untuk membayar iuran JKN.

Perwakilan Unit Bank Sampah Wilayah Melati Raya, Eko Rianto dalam sosialisasi bersama masyarakat sekitar bersama perwakilan BPJS Kesehatan belum lama ini menyampaikan akan lebih giat bersama masyarakat Wilayah Melati Raya untuk menyosialisasikan inovasi dari BPJS Kesehatan ini.

Ia pun menghimbau masyarakat yang telah mengetahui dan merasakan adanya pembayaran iuran JKN melalui tabungan sampah untuk berbagi informasi kepada kerabat terdekat masing-masing.

“Jadi untuk masyarakat yang merasa masih berat menyisihkan uang setiap bulannya untuk iuran JKN, dapat memanfaatkan sampah dirumah yang dikelola dan dapat ditabung pada Bank Sampah untuk membayar iuran JKN setiap bulannya. Kami mengharapkan dengan adanya kerja sama ini dapat mempermudah masyarakat sekitar menjadi lebih peduli lingkungan bersih dan terjamin jaminan kesehatannya,” ujarnya.

Eko menambahkan, untuk Unit Bank Sampah Wilayah Melati Raya setiap hari Kamis jam 16:00 WIT sampai 18:00 WIT dilakukan penimbangan sampah yang telah dikelola dan dijadikan tabungan di Bank Sampah. Warga sekitar yang ingin memulai Program menabung di Bank Sampah untuk bayar iuran JKN dapat datang pada waktu tersebut.

Sebagai informasi, terdapat 20 Unit Bank Sampah yang aktif di Wilayah Bank Sampah Sorong Raya yang dapat dimanfaatkan masyarakat untuk dilakukan penyetoran sebagai tabungan sampah dan dikonversi menjadi iuran JKN.

Berita lain untuk anda

Kendalikan Inflasi, BI Launching GNPIP di Papua Barat

 873 total views (dibaca)  873 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua Barat…

Babak Baru Sidang PTUN Bupati Sorong Vs 4 Perusahaan Sawit, Saksi Ungkap ada Penipuan

 1,466 total views (dibaca)  1,466 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, JAYAPURA – Sidang lanjutan gugatan perusahaan perkebunan kelapa…

Bupati Raja Ampat Sumbangkan Gajinya Setahun Untuk Pencegahan Covid-19

 1,779 total views (dibaca)  1,779 total views (dibaca) Waisai, TN- Di tengah berbagai upaya pencegahan Covid-19 di…

Tragis, Seorang Remaja Tewas Usai Tabrak Pick Up Muatan Seng

 1,580 total views (dibaca)  1,580 total views (dibaca) TEROPONGNEWS. COM, SORONG – Seorang remaja berinisial B, tewas…

Lagi Cari Hiburan Di Rumah? Ini Tiga Film Manusia Kloning yang Wajib Kamu Tonton

 1,622 total views (dibaca)  1,622 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM – Seperti yang kita ketahui, beberapa daerah di…

Direktur RSUD R4 Apresiasi Tim Dokter FKG IU Operasi Bibir Sumbing dan Celah Bibir

 4,121 total views (dibaca)  4,121 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, RAJA AMPAT – Direktur RSUD Raja Ampat, Meidi…

PH Bupati Mansel Desak Pangdam Serius Soal Anggota TNI ‘Main Kayu’

 1,850 total views (dibaca)  1,850 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MANOKWARI – Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) XVIII…

15 Lembaga Independen di Merauke Ikuti Sosialisasi PKPU Nomor 8 Tahun 2017

 1,617 total views (dibaca)  1,617 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Sekitar 15 lembaga yang terdiri dari…

Kadinkes Kaltim: Tetap Semangat Menuju New Normal

 1,537 total views (dibaca)  1,537 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, SAMARINDA – Wabah Covid-19 masih terjadi di Indonesia…

Merry Chandra Pical: Seorang Seniman Cocok Untuk Pimpin Kota Ambon

 1,645 total views (dibaca)  1,645 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Salah satu pengusaha asal Maluku di…