Proses eksekusi dua tersangka kasus dugaan tindak pidana korupsi (tipikor) pengelolaan keuangan daerah Pemerintah Kecamatan Selaru oleh tim penyidik Kejari KKT. Foto-Ist/TN

 365 total views (dibaca)

TEROPONGNEWS.COM, SAUMLAKI – Kejaksaan Negeri Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT) mengeksekusi dua tersangka kasus dugaan tindak pidana korupsi (tipikor) pengelolaan keuangan daerah Pemerintah Kecamatan Selaru, yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Maluku Tenggara Barat Tahun Anggaran 2018.

Kedua Aparatur Sipil Negera (ASN) tersebut yakni, ZE dan DZB. ZE dieksekusi setalah penyidik menyerahkan tersangka dan barang bukti di kantor kejari setempat, kemudian keduanya resmi dipakaikan rompi merah muda dan diangkut dengan mobil tahanan ke Rumah Tahanan Negara (Rutan) Polres KKT.

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) KKT, Gunawan Sumarsono mengaku, kedua tersangka ini akan dititipkan selama 20 hari kedepan di rutan. Mengingat Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Saumlaki baru bisa menerima tahanan, setelah dilanjutkan pelimpahan perkara ke pengadilan.

“Dalam penyelesaian perkara tersebut, saya telah menunjuk Tim Jaksa Penuntut Umum (JPU) pada Kejari KKT berdasarkan P-16A nomor print-163/Q.1.13/Ft.1/06/2022 tanggal 10 Juni 2022 yaitu M Dedy Fahlezi, Bambang Irawan, El Imanuel Lolongan, andi Abdurrozak, Jerry Pattiasina dan M Komarudin,” kata dia kepada wartawan, di Saumlaki, Senin (13/6/2022).

Menurutnya, kerugian keuangan negara/daerah dalam perkara ini berdasarkan hasil perhitungan APIP, yaitu sejumlah Rp 625.215.596.

Kajari menjelaskan, jika tahun 2021 kemarin, penyidik pidsus telah melakukan pemeriksaan intensif pada dugaan tipikor di kantor Kecamatan Selaru.

Menurut dia, pasca ditetapkan tersangka beberapa bulan lalu, kedua ASN ini tidak langsung ditahan, karena menurut pertimbangan penyidik kalau keduanya masih koperatif.

Sehingga belum ada kekhawatiran bagi penyidik, jika kedua ASN ini akan melarikan diri, dan tidak akan hilangkan barang bukti.

Untuk diketahui, pada tahun 2018 lalu, anggaran yang dikucurkan ke kantor camat tersebut senilai Rp 2 miliar lebih. Dana itu diperuntukkan bagi melaksanakan beberapa program kegiatan, diantaranya perkantoran hingga program pembinaan dan pengelolaan keuangan desa.

Dari hasil pemeriksan penyidik terhadap SPJ, ditemukan realisasi yang tidak dapat dipertangungjawabkan senilai Rp 625 juta lebih.

“Jadi ada sebagian dana Rp 333 juta lebih itu digunakan diluar peruntukkannya, dan sisanya tidak dapat dipertangungjawabkan. Sayangnya dalam SPJ dipalsukan. Dari mulai pemalsuan kwitansi, padahal orangnya disuruh tanda tangan,” tandas Penyidik Pidsus Kejari KKT, Bambang Irawan singkat.

Berita lain untuk anda

DPRD Minta OJK Siapkan Kontak Khusus Pengaduan

 411 total views (dibaca)  411 total views (dibaca) Ambon, TN – DPRD Provinsi Maluku meminta Otoritas Jasa…

Andi Nurka: Kekayaaan Intelektual Telah Menjadi Salah Satu Komoditi

 485 total views (dibaca)  485 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Kepala Kantor Wilayah Hukum dan Hak…

Tanjung Selor Alami Deflasi -0,26 Persen

 479 total views (dibaca)  479 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, TANJUNG SELOR – Berdasarkan pantauan Indeks Harga Konsumen…

Satpol PP Kota Ternate Siap Jalankan Surat Edaran

 480 total views (dibaca)  480 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, TERNATE – Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol…

Kodam XVII/Cenderawasih Gelar Serbuan Vaksinasi bagi Siswa SMA

 429 total views (dibaca)  429 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Kodim 1707/Merauke bersama petugas kesehatan Denkesyah…

Dua Terdakwa Divonis Bebas, Gakkum KLHK “Paksa” Tangkap Direktur PT. BCM di Jakarta

 62 total views (dibaca) ” Berbuntut Praperadilan dan gugatan Pidana”

Sebastian Bane Himbau Masyarakat Maybrat Patuhi Edaran Pemda Cegah Covid-19

 435 total views (dibaca)  435 total views (dibaca) Maybrat, TN – Ketua Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat…

Panitia HHBG Jemaat GPM Imanuel Karpan Gelar Kegiatan Jalan Santai

 506 total views (dibaca)  506 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Panitia Hari-hari Besar Gerejawi (HHBG) Jemaat…

Saus Tomat Cendrawasih, Dari Tanah Papua Untuk Indonesia

 4,782 total views (dibaca)  4,782 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Saus tomat menjadi salah satu jenis saus…

Organisasi BMP dan Bela Negara Tolak Makar di Papua

 470 total views (dibaca)  470 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Organisasi Barisan Merah Putih (BMP) dan…