Berita

Duta AMAN dari Lima Provinsi Tiba di Jayapura

×

Duta AMAN dari Lima Provinsi Tiba di Jayapura

Sebarkan artikel ini
Duta-duta AMAN dari berbagai daerah yang akan mengikuti Kongres AMAN tiba di Pelabuhan Jayapura Papua.

TEROPONGNEWS.COM JAYAPURA – Duta-duta Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) dari lima provinsi telah tiba di Tanah Tabi, Kota Jayapura Provinsi Papua, Kamis (20/10), guna mengikuti kongres AMAN ke-VI yang akan berlangsung di Kabupaten Jayapura pada tanggal 24-30 Oktober 2022.

Para duta AMAN yang tiba melalui jalur laut menggunakan Kapal Pelni, KM Gunung Dempo tersebut di antaranya dari Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) sebanyak 41 orang, Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) sebanyak 76 orang, Provinsi Maluku Utara (Malut) sebanyak 18 orang, Provinsi Papua Barat 225 orang, dan Provinsi Banten sebanyak 2 orang peserta.

Ketua Dewan Adat Malut, Yesaya Banari mengaku bangga telah menginjakan kakinya di Tanah Papua, terkhusus Tanah Tabi (sebutan Jayapura, red). Sebab, ia menilai penyambutan yang dilakukan masyarakat adat Papua sangat meriah, terlihat dengan pemasangan mahkota di kepala sebagai ciri khas adat Papua.

“Puji syukur luar biasa, buktinya saya dipasangkan mahkota kebesaran sebagai symbol adat, dan budaya orang Papua bisa kami pakai,”kata Yesaya sembari berharap dapat berbaur dan berkomunikasi baik dengan komunitas masyarakat adat di Papua, terkhusus di Tanah Tabi.

Secara terpisah, Ketua BP AMAN Sulut, Karisma Kumara menyampaikan hal senada. Menurutnya, hal itu menunjukan bahwa hubungan orang Minahasa dari Sulut dengan orang Papua telah terjalin sangat lama.”Luar biasa penyambutannya,”ucap Karisma.

4987
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Sementara itu, ketua tim penyambutan, yang juga selaku Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Jayapura, Jhon Tegai mengatakan, duta perwakilan AMAN dari lima provinsi akan melakukan registrasi di Puspenka Sentani, dan selanjutnya diarahkan ke tempat penginapan.

Selain itu, duta-duta dari provinsi dan daerah lainnya masih terus berdatangan ke Jayapura.