Berita

Dinkes Ambon Upayakan Peningkatan Presentasi Vaksinasi Lansia

×

Dinkes Ambon Upayakan Peningkatan Presentasi Vaksinasi Lansia

Sebarkan artikel ini
Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon, drg. Wendy Pelupessy. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Ambon terus berupaya meningkatkan presentasi vaksinasi bagi Lansia, sebagai salah kelompok rentan. Saat ini, cakupan vaksinasi kepada Lansia kota Ambon mencapai 8.490 orang dengan presentasi 37,6 persen.

“Kita berharap seluruh lansia di kota Ambon divaksinasi, karena lansia masuk kelompok yang rentan terpapar Covid-19, dan menjadi prioritas untuk divaksin,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon, Wendy Pelupessy, saat ditemui di sela–sela acara Safari Ramadhan di Dusun Air Ali, Negeri Rumah Tiga, Rabu (5/5/2021).

Menurutnya, berbagai cara dilakukan Dinkes, agar capaian vaksinasi lansia meningkat. Salah satunya dengan membuka pelayanan vaksinasi di malam hari pada bulan puasa, namun animo dan kepedulian masyarakat masih rendah.

“Padahal, untuk membentuk kekebalan kelompok atau herd immunity paling tidak harus 70 persen yang sudah divaksin, dan didalamnya sudah ditargetkan semua lansia harus sudah divaksinasi,” ujar Pelupessy.

Dia mengatakan usai hari Raya Idul Fitri, pihaknya akan melakukan “jemput bola”, yakni melakukan pelayanan vaksinasi di rumah lansia, dan fokus pada beberapa pos pelayanan yang tingkat capaian vaksinasi lansia masih rendah.

5041
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Disamping itu, sesuai arahan dari Kementerian Kesehatan RI akan dilakukan sistem reward, dimana jika ada yang membawa dua orang lansia untk divaksin, maka orang tersebut juga akan langsung divaksin, meskipun tidak termasuk kelompok prioritas.

“Untuk itu, kita meminta dorongan keluarga untuk membawa Lansia yang belum divaksin, agar segera divaksin di Puskesmas terdekat,” tandasnya.

Untuk diketahui, pada bulan April lalu, Kota Ambon diapresiasi oleh pemerintah pusat, karena masuk dalam 20 kota/kabupaten yang presentasi vaksinasi lansia diatas 25 persen. Saat itu presentasi vaksinasi Lansia kota Ambon berada di angka 34,95 persen.