Aparat gabungan TNI-Polri saat melakukan pengamanan di depan Lapas kelas II B Sorong. (Foto:Ist/TN)

 391 total views (dibaca)

Sorong, TN – Ratusan personel aparat TNI/Polri bersenjata lengkap melakukan penjagaan ketat di seputaran Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Sorong, Rabu (22/4).

Pantauan media ini, aparat gabungan diterjunkan ke lapas kelas II B sekitar pukul 18.00 WIT, untuk mengamankan Lapas dari upaya kaburnya para warga binaan.

Diketahui, penjagaan tersebut dilakukan karena narapidana dan warga binaan akan melakukan upaya melarikan diri dengan kembali membakar Lapas Sorong.

Gumpalan asap hitam membumbung tinggi dari dalam Lapas kelas II Sorong. Foto Mega/TN.

Melihat kepulan asap hitam yang berasal dari dalam Lapas Sorong yang diduga dibuat oleh warga binaan tersebut, anggota Polres Sorong Kota langsung mengepung bangunan Lapas Kelas II B Sorong dan memutus arus lalu lintas di sepanjang jalan menuju lapas.

Tidak lama setelah pengepungan tersebut dilakukan aliras listrik seketika putus yang membuat keadaan di Lapas Sorong menjadi gelap gulit.

Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas II B Sorong, Nunus Ananto, membenarkan adanya kabar yang mengatakan bahwa narapidana dan warga binaannya akan melakukan upaya melarikan diri dari dalam Lapas.

Kalapas mengatakan, kabar tersebut mencuat setelah 335 warga binaannya merasa cemburu kepada puluhan warga binaan yang telah dipulangkan karena mendapat Asimilasi dari Kemenkumham.

Upaya untuk kabur dari Lapas kelas II Sorong oleh ratusan warga binaan, langsung direspon oleh Kapolres Sorong Kota, Dandim 1802 Sorong dan Kalapas Kelas II Sorong. Foto Mega/TN.

“Mereka cemburu kepada mantan warga binaan yang bebas dari jalur asimilasi kemarin. Mereka merasa berhak hidup dan mendapatkan hak yang sama dengan warga binaan yang sudah keluar,” kata Nunus yang ditemui di Lapas Kelas II B Sorong, Rabu (22/4).

Nunus menambahkan bahwa saat ini pihaknya terus berupaya untuk menenangkan warga binaan yang diakuinya memang ngotot ingin keluar dari dalam lapas.

Sementara itu, Kapolres Sorong Kota, AKBP Ary Nyoto Setiawan, yang ditemui di tempat yang sama, mengatakan bahwa 324 personel gabungan TNI-Polri telah dikerahkan untuk menjaga dan mencegah agar parah narapidana tidak kabur dari dalam Lapas Sorong.

Kapolres juga menyatakan, pihaknya akan terus bersiaga di Lapas Sorong untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Di akhir wawancaranya, Kapolres memastikan bahwa situasi di Lapas Sorong saat ini telah aman dan kondusif.

Berita lain untuk anda

Astaga! Proyek Beranggaran Jumbo Milik Dinas PUPR Maluku Tanpa Tender

 471 total views (dibaca)  471 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Proyek jalan Suli, Kabupaten Maluku Tengah…

Babinsa Merauke dan Warga Kerjasama Membangun Parit0

 374 total views (dibaca)  374 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Guna menjalin serta meningkatkan kerjasama yang…

BLT Dana Desa Triwulan 1 di Merauke Mulai Dicairkan

 805 total views (dibaca)  805 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari 40…

Putera Terbaik Maybrat, Brigjen Pol.Johnny Eddizon Isir Jabat Wakapolda Sulut

 437 total views (dibaca)  437 total views (dibaca) TEROPONGNEWS COM, SORONG- Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo pada…

DPRD Maluku Tetapkan Latuconsina Gantikan Rahakbauw

 403 total views (dibaca)  403 total views (dibaca) Ambon, TN – DPRD Provinsi Maluku secara resmi telah…

Komisi IV Lakukan Studi Banding ke Kemenag, Ini Hasilnya

 425 total views (dibaca)  425 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Komisi IV DPRD Provinsi Maluku melakukan…

Kader dan Partai Pengusung Harus Sejalan Menangkan PMK2

 374 total views (dibaca)  374 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM,BINTUNI- Kader harus sejalan dengan sikap partai pengusung untuk…

DPRD MBD Harap Teropongnews.com Terus Tampilkan Berita Sesuai Data dan Fakta

 411 total views (dibaca)  411 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Menjelang Hari Ulang Tahun (HUT) Media…

14 Provinsi Ikuti Eksebisi Paramotor PON XX

 423 total views (dibaca)  423 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Sebanyak 14 provinsi mengikuti eksebisi paramotor…

Angka Positif Covid-19 Meningkat, Sekwan Pastikan Kantor DPRD Tetap Beraktivitas

 393 total views (dibaca)  393 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Kendati jumlah orang yang terkonfirmasi positif…