Penyerahan BPKT di Aula Desa Rainis, Selasa (28/4). Foto-Ist/TN

 483 total views (dibaca)

Talaud, TN – Menindaklanjuti instruksi pemerintah pusat, maka Desa Rainis, Kecamatan Rainis, Kabupaten Kepulauan Talaud, langsung membagikan Bantuan Padat Karya Tunai (BPKT) kepada 235 Kepala Keluarga (KK) yang terdaftar, Selasa (28/4).

Kepala Desa (Kades) Rainis, Oktafien Tumimbang, yang ditemui di aula desa usai penyerahan bantuan menjelaskan, bantuan senilai Rp. 500.000, dengan total Rp. 117.500.000, diserahkan langsung kepada masyarakat, untuk digunakan dalam menghadapi pandemi Corona Virus Disaise (Covid) 19.

“Semua golongan masyarakat, baik petani, nelayan, ASN, TNI dan Polri, yang sudah berkeluarga sah atau yang sudah hidup bersama tapi belum menikah dan memiliki lahan atau mengelola perkebunan mendapatkan bantuan ini,” kata Kades.

Ditanya soal data keluarga penerima bantuan, kata Kades, data awal di tahun 2019 ada sebanyak 207 KK, namun di tengah bencana non alam ini, data baru ada sebanyak 235 karena ditambahkan dengan masyarakat yang sudah hidup bersama tapi belum menikah.

“Memang ada beberapa keluarga yang sudah bersama tapi belum menerima bantuan, karena mereka terlambat melakukan pendaftaran. Kemungkinan, jika anggaran memadahi, di periode berikut mereka sudah dapat menerima bantuan ini,” ujar Kades.

Selain bantuan ini, tambahnya, Desa Rainis juga akan melakukan pembagian Bantuan Langsung Tunai (BLT). Tapi kata dia, bantuan ini hanya diperuntukkan bagi masyarakat miskin.

“Kategori masyarakat miskin ada 18 dan bisa juga hanya sembilan kategori. Di sini ada beberapa keluarga miskin yang akan menerimanya. Bantuan ini akan disalurkan, tapi masih menunggu instruksi bupati melalui surat keputusan yang diturunkan,” imbuhnya.

Ditanya soal pencegahan dan upaya penghalang masuknya Covid-19 ke desa Rainis, Kades memastikan, saat ini mereka sudah sangat siap dengan 30 anggota satgas yang telah ditempatkan di pos dan tugasnya masing-masing.

“Kami juga sudah melakukan penyemprotan dan pembangunan pos Covid-19 di pintu masuk desa. Harapannya dapat menghadang Covid-19 masuk ke desa,” pungkas Kades, sembari menghimbau masyarakat penerima bantuan agar dapat memanfaatkannya sesuai peruntukannya.

Berita lain untuk anda

NasDem Gelar Aksi Lawan Corona Semprot Kantor Bupati Telbin

 414 total views (dibaca)  414 total views (dibaca) Bintuni,TN- Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai NasDem) Kabupaten Teluk…

Paket Ikan Dari KKP Masih Menyasar Masyarakat

 480 total views (dibaca)  480 total views (dibaca) Merauke, TN – Setelah usai program berbagi 100 bungkus…

Gempabumi Magnitudo 4,1 Terasa di Manokwari Papua Barat

 423 total views (dibaca)  423 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, SORONG- Gempabumi tektonik Magnitudo 4,1 mengguncang wilayah Manokwari…

Di Maybrat Upacara 17 Agustus Digelar Hingga Tingkat Distrik, Termasuk di Mare

 449 total views (dibaca)  449 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MAYBRAT – Kepala distrik Mare kabupaten Maybrat Papua…

Danrem 174/ATW Pamitan ke Satgas Pamtas RI-PNG

 399 total views (dibaca)  399 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Jelang purna tugas di Merauke, Danrem…

Ini Cara Danramil Persiapan Sayosa Kodim 1802/Sorong Motivasi Warga

 442 total views (dibaca)  442 total views (dibaca) TEROPONGNEWS. COM, SORONG – Komandan Koramil Persiapan Sayosa Kodim…

Soal Konflik Ori dan Kariuw, Komisi I Nilai Analisis Intelijen Lemah

 412 total views (dibaca)  412 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Komisi I DPRD Provinsi Maluku menilai,…

Pilkada Manokwari, Rekap Sementara Paslon HEBO Unggul

 452 total views (dibaca)  452 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MANOKWARI– Pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kabupaten Manokwari, Rabu…

Hari Kedua Operasi Zebra Mansinam 2020, 50 Pelanggar Kena Tilang

 461 total views (dibaca)  461 total views (dibaca) TEROPONGNEWS. COM, SORONG – Hari kedua pelaksana operasi zebra…

Aliansi Mahasiswa Merauke Peduli Akses Internet Sampaikan Empat Tuntutan ke PT. Telkom

 782 total views (dibaca)  782 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Belum pulihnya gangguan jaringan internet di…