3,266 total views (dibaca)

TEROPONGNEWS.COM, JATIM – Sekber Relawan Penanggulangan Bencana (SRPB) Jawa Timur membuka lembaran baru. Lewat inisiasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur, SRPB Jatim bekerja sama dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Timur.

Kerja sama tersebut dituangkan dalam Memorandum of Understanding (MoU) di Hotel Aston Inn Jemursari, Surabaya, Sabtu, 11 Juni 2022. Dalam kerja sama tersebut, SRPB Jatim dan PWI Jatim saling sharing mengenai masalah kebencanaan.

Para relawan organisasi mitra SRPB Jatim di daerah-daerah bisa belajar menulis lewat PWI yang berada di daerah tersebut. Sementara, para jurnalis yang tergabung dalam PWI di daerah-daerah bisa berbagi pengalaman mengenai penulisan jurnalistik. Terutama masalah kebencanaan.

MoU tersebut dilakukan dalam Rapat Koordinasi (Rakor) BPBD Jatim dengan SRPB Jatim dengan tema “Kolaborasi Multi Pihak untuk Meningkatkan Panca Daya Tangguh Organisasi Relawan”.

MoU ini ditandatangani oleh Koordinator SRPB Jatim Dian Harmuningsih dengan Ketua PWI Jatim Lutfil Hakim. Penandatangan ini disaksikan oleh Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Jatim Budi Santosa, Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Jatim Andhika Nurrahmad Sudigda, Kepala Seksi Pencegahan Dadang Iqwandy, serta beberapa pengurus SRPB Jatim.

Kalaksa BPBD Jatim Budi Santosa menyambut baik MoU ini. Ia berharap kerja sama ini bisa dilaksanakan dalam waktu dekat. Hal ini mengingat dalam kebencanaan menganut prinsip Pentahelix. Salah satunya adalah peran media massa dan relawan dalam penanggulangan kebencanaan.

“Seperti yang diungkapkan Presiden Joko Widodo bahwa harus ada edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat terhadap bencana. Oleh karena itu, tugas relawan selain saat tanggap bencana, juga perlu langkah-langkah preventif,” jelas Budi Santosa.

Apalagi saat ini mulai ada pergeseran paradigma, yakni bagaimana memberdayakan masyarakat. “Oleh karena itu, langkah preventif perlu dilakukan. Tidak hanya pada tanggap bencana,” jelasnya.

Upaya-upaya preventif menghadapi bencana ini bisa merangkul kalangan jurnalistik. Mereka diharapkan bisa berkolaborasi dengan relawan dalam mitigasi bencana. Dengan desiminasi informasi, masyarakat akan lebih mengerti bagaimana menghadapi bencana.

“Kerja sama ini untuk penyebaran informasi tentang kebencanaan. Supaya masyarakat lebih paham menghadapi bencana,” ungkap Lutfil Hakim yang juga menjadi pembicara dalam rakor tersebut.

Menurutnya, para jurnalis bisa dberikan pemahaman tentang bencana. Hal ini merupakan nilai tambah dan bisa meningkatkan kompetensi wartawan. Di sisi lain, peran relawan organisasi mitra SRPB Jatim di daerah bisa mengumpulkan aktivis media sosial (medsos) untuk diberikan pelatihan jurnalistik oleh PWI. “Tujuannya supaya ada standardisasi jurnalistik dan tidak menulis hal-hal yang mengandung hoaks,” tukas Lutfil Hakim.

Sementara, Koordinator SRPB Jatim Dian Harmuningsih mengaku sangat berterima kasih dengan adanya MoU ini. Nantinya para relawan kebencanaan bisa mendapat ilmu tambahan tentang jurnalistik.

“Saya bersyukur bisa bekerja sama dengan PWI Jatim. Kami berharap kegiatan-kegiatan kami bisa disebarluaskan kepada masyarakat lewat PWI,” ungkapnya.

Selain itu, para relawan di organisasi mitra SRPB Jatim bisa menambah ilmunya tentang jurnalistik. Sehingga bila mereka berada di daerah bencana bisa membuat laporan yang sesuai dengan kaidah-kaidah jurnalistik.

Berita lain untuk anda

Hasil Swab Bapaslon AFU-ORI Dinyatakan Negatif

 663 total views (dibaca)  663 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, SORONG- Bakal pasangan calon (Bapaslon) bupati dan wakil…

Polres dan Kejaksaan Jayapura Musnahkan 2,7 Paket Ganja

 661 total views (dibaca)  661 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM,SENTANI- Polres dan Kejaksaan Negeri Jayapura musnahkan 2,7 Kg…

Kota Sorong Jadi Transmisi Lokal Covid-19, Warga Diimbau Waspada

 761 total views (dibaca)  761 total views (dibaca) Sorong,TN – Satgas Penanggulangan Covid-19 kota Sorong mengonfirmasi ada…

Pesona “Kali Kaca” Ayamaru Yang Sejuk Dan Asri

 851 total views (dibaca)  851 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, SORONG – Ayamaru, salah satu distrik yang ada…

Juli 2021, Nilai Impor Malut Alami Peningkatan

 671 total views (dibaca)  671 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, TERNATE – Nilai impor Provinsi Maluku Utara pada…

Tangkal Covid-19, Sholat Tarawih dan Id di Jayapura Ditiadakan

 704 total views (dibaca)  704 total views (dibaca) Jayapura, TN – Pemerintah Kota Jayapura mengimbau seluruh umat…

Pasca Diguyur Hujan, Kota Ambon Dilanda Banjir dan Tanah Longsor

 436 total views (dibaca)  436 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Akibat curah hujan dengan intensitas sedang…

Vaksin Covid-19 Bagi Tenaga Kesehatan di Kaltara Kurang

 694 total views (dibaca)  694 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, TANJUNG SELOR – Sebanyak 10.680 vial (dosis) vaksin…

Tiga Anggota DPRD Maybrat Dapil Yumasssesss Jaring “Asmara” di Distrik Mare

 698 total views (dibaca)  698 total views (dibaca) TEROPONGNEWS COM, MAYBRAT- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten…

Tetap Steril Penyakit PMK, Pemkab Merauke Bentuk Tim Pengawas Terpadu

 557 total views (dibaca)  557 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Meski Penyakit Mulut dan Kuku (PMK)…