Berita

Bantu Pelaku UMKM di Sorong, Pertamina Salurkan Rp1,45 M

×

Bantu Pelaku UMKM di Sorong, Pertamina Salurkan Rp1,45 M

Sebarkan artikel ini
Foto bersama para pelaku usaha UMKM dengan Vice President CSR & SMEPP Pertamin, Arya Dwi Paramita dan bupati Soro, Jhony Kamuru. Foto Wim/TN.

TEROPONGNEWS.COM, SORONG- PT Pertamina (Persoro) Refinery Unit VII Kasim menggelar kegiatan penyaluran program kemitraan kepada pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di kabupaten Sorong Papua Barat, Jumat (18/9/2020) dengan tujuan meningkatkan kemampuan usaha kecil agar menjadi mandiri. 

Unit Manager CommRel and CSR RU VII Kasim, Doddy Yapsenang, dalam laporannya menyebutkan Pertamina menyalurkan anggaran program kemitraan sebesar Rp1.45 miliar kepada 28 mitra binaan yang bergerak pada sektor industri, perdagangan, pertanian, dan sektor perikanan.

Menurutnya, Pertamina Melakukan program mitra usaha kepada para pelaku UMKM melalui pinjaman modal usaha dengan biaya murah, dan Pertamina sama sekali tidak menarik keuntungan dari program akemitraan tersebut.

“Melalui program kemitraan Pertamina menyalurkan anggaran sebesar Rp1.45 miliar kepada 28 mitra binaan yang bergerak pada sektor industri, perdagangan, pertanian, dan sektor perikanan. Ini juga merupakan pinjaman modal usaha dengan biaya murah dan Pertamina juga sama sekali tidak menarik keuntungan dari program ini,” ujar Doddy Yapsenang.

Vice President CSR & SMEPP Pertamin, Arya Dwi Paramita, mengatakan program kemitraan tersebut, merupakan bantuan modal usaha dengan biaya murah untuk para pelaku usaha kecil maupun menengah.

5032
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Dikatakan para pelaku UMKM yang mendapat batuan modal usaha di tengah pandemi covid-19 dengan biaya murah ini, tentunya mendapat dorongan dan dukungan, salah satunya adalah bantuan modal usaha.

“Pinjaman ini nanti semuanya bergulir dan akan mberikan manfaat yang multi player efek kepada pemilik usaha maupun masyarakat disekitarnya, yaitu harapannya adalah terbukanya lapangan kerja. Dan pastinya kedepan kesempatan seperti ini akan menjadi tulang punggung ekonaomi daerah,” ujar Arya Pramita.

Menurut Arya, di tengah kondisi pandemi covid-19 ini, pastinya akan berdampak pada ekonomi masyarakat, dengan adanya program kemitraan ini, pihaknya berharap bisa meringankan dan membangkitkan semangat wirausaha para pelaku usaha yang ada di Sorong.

Sementara itu bupati Sorong, Jhony Kamuru, menyampaikan terimakasih kepada PT Pertamina, atas kepeduliannya terhadap masyarakat pelaku ekonomi dalam hal ini pelaku UMKM di kabupaten Sorong. Bupati Kamuru menegaskan bahwa sifat memberi lebih diberkati dari pada yang menerima.

Ia pun mengatakan dimasa pandemi covid-19 ini, sangat berdampak terhadap perekonomian masyarakat, terutama kepada para pelaku usaha kecil menengah.

“Dengan adanya program kemitraan dari Pertamina, saya berharap bisa membantu meningkatkan ekonomi masyarakat, terutama kepada para pelaku usaha kecil dan menengah di tengah pandemi covid-19 ini. Pertamina hadir membantu pemerintah daerah untuk meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat, termasuk para pelaku usaha UMKM di kabupaten Sorong,” tandas bupati Jhony Kamuru.