Penyuluhan hukum di Kelurahan Mandala Merauke. Foto-Getty/TN

 449 total views (dibaca)

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Guna meningkatkan kesadaran hukum masyarakat yang lebih baik, Bagian Hukum Setda Kabupaten Merauke, melaksanakan penyuluhan hukum terpadu di Kelurahan Mandala, Merauke, Papua.

Kepala Bagian Humum Setda Kabupaten Merauke, Victor Kaisiepo mengutarakan, dengan memiliki kesadaran hukum yang baik, maka setiap masyarakat menyadari hak dan kewajiban sebagai warga negara. Kemudian, mewujudkan budaya hukum dalam sikap dan perilaku yang sadar, patuh dan taat terhadap hukum.

“Penyuluhan hukum ini akan berlangsung selama tiga hari di tiga tempat yakni Kelurahan Mandala, Rimba Jaya dan Kelurahan Bambu Pemali,” ujar Kabag Hukum saat sosialisasi hukum di Kelurahan Mandala, Senin (11/4).

Peserta yang dilibatkan adalah Ketua RT/RW, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, Pemuda dan staf kelurahan setempat.

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kabupaten Merauke, Agustinus Joko Guritno menyatakan kesadaran hukum sangat penting bagi seluruh masyarakat tanpa terkecuali. Semua wajib mengetahui hukum yang berlaku agar mampu mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

“Bapak dan ibu peserta punya tugas untuk melanjutkan materi terkait hukum kepada warga dan komunitasnya. Agar ketertiban dan ketenteraman masyarakat bisa berjalan baik,” ucapnya.

Dikatakan masih banyak warga yang melakukan tindakan yang bertentangan dengan hukum di wilayah Merauke. Seperti ada pembacokan, pencurian, kekerasan seksual, masalah tanah dan pelanggaran hukum lainnya.

“Itu tidak boleh, bahwa setiap warga negara dilindungi oleh UU. Tentu bagi yang melakukan pelanggaran akan ditindak sesuai hukum berdasarkan jenis pelanggaran yang dilakukan. Namun, untuk meminimalisirnya, masyarakat perlu mengenal akan aturan dan UU hukum yang berlaku ,” tandasnya.

Sosialisasi hukum ini menghadirkan narasumber dari Polres Merauke, Kejaksaan Negeri, Pengadilan Negeri Merauke dan Kantor BPN/ATR. Poin yang disampaikan adalah UU nomor 23 tahun 2014, tentang Pemerintah Daerah. UU tentang Kejaksaan Negeri, UU Pengadilan Negeri, UU Kepolisian, UU nomor 5 tahun 1960 tentang pokok-pokok agraria dan peraturan serta keputusan Bupati Merauke.

Berita lain untuk anda

Pembebasan Lahan dan Perizinan Masih Jadi Masalah Percepatan Pembangunan Blok Masela

 425 total views (dibaca)  425 total views (dibaca) Ambon, TN – Upaya percepatan pembangunan infrastruktur untuk menunjang…

Mahasiswa Sorong Unjuk Rasa Tolak Kenaikan BBM, Kelangkaan Minyak Goreng Hingga Jokowi 3 Periode

 467 total views (dibaca)  467 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, SORONG – Sejumlah mahasiswa dari berbagai kampus di…

Ini Cara Persit Ranting 4 Yonarmed 12 Peringati HUT ke-75

 403 total views (dibaca)  403 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Dalam rangka menyambut HUT ke-75 Persit,…

Ditemukan 22 OTG C-19 di Bintuni, Bupati Sebut Tunggu Hasil Laboratorium

 432 total views (dibaca)  432 total views (dibaca) Bintuni,TN- Tim satuan tugas corona virus disease 19 (COVID-19)…

Ketua Fraksi Persatuan Nasional Demokrat DPR PB : Pernyataan Titirlolobi Tidak Berdasar, Terlalu Mengada-ngada

 443 total views (dibaca)  443 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, SORONG- Ketua Fraksi Persatuan Nasional Demokrat DPR Papua…

Wagub Kaltara Himbau Masyarakat Berpartisipasi di HUT Kemerdekaan

 344 total views (dibaca)  344 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, TANJUNG SELOR – Wakil Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara),…

4 Kampung Di Temsos Pertanyakan Janji Pemkab Maybrat Soal Tapal Batas Wilayah

 412 total views (dibaca)  412 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM,MAYBRAT – Empat kampung di Temsos Raya minta Pemkab…

Transaksi 26,8 Kg Sabu Digagalkan Polres Jakbar Di Tengah Pandemi Corona

 431 total views (dibaca)  431 total views (dibaca) Jakarta, TN – Kabidhumas Polda Metro Jaya Kombes Pol…

50 Paket Sembako Bantuan Gubernur di Terima Pendeta dan Jemaat Pantekosta

 448 total views (dibaca)  448 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, AIMAS – Sebanyak 50 paket sembako bantuan dari…

Pemprov Kaltara Dukung Pelatihan Aktivis PATBM Cegah Kekerasan Terhadap Anak

 431 total views (dibaca)  431 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, TANJUNG SELOR – Usahakan peningkatan perlindungan anak, Pemerintah…