BeritaDaerahPEMILU 2024Politik

KPU Papua Selatan akan Lakukan Monitoring Proses Pencoklitan oleh PPDP

×

KPU Papua Selatan akan Lakukan Monitoring Proses Pencoklitan oleh PPDP

Sebarkan artikel ini
Ketua KPU Provinsi Papua Selatan, Theresia Mahuze

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – KPU Provinsi Papua Selatan akan melakukan monitoring pelaksanaan Pencoklitan (Pencocokan dan Penelitian) data pemilih yang dilakukan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) sebelum pemilihan kepala daerah (Pilkada) gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati tahun 2024.

Kurang lebih petugas PPDP yang ada di empat kabupaten yaitu Merauke, Mappi, Asmat dan Boven Digoel ini akan melakukan pencoklitan selama satu bulan mulai 24 Juni-24 Juli 2024. Dan sementara ini sedang dilakukan perekrutan anggota PPDP oleh KPU kabupaten.

“Untuk tahapan pemutakhiran data, sementara KPU kabupaten sedang lakukan perekrutan anggota PPDP yang akan melaksanakan pencocokan dan penelitian. Kami akan fokuskan dalam waktu dekat ini untuk melakukan monitoring ke bawah,” ujar Ketua Ketua KPU Papua Selatan, Theresia Mahuze, Jumat (14/6/2024) kepada wartawan.

Pantauan yang dilakukan adalah proses perekrutan PPDP serta memantau atau supervisi terkait kerja-kerja PPDP dalam melakukan pencocokan dan penelitian. “Kami pastikan bahwa mereka juga turun ke lapangan untuk melakukan coklit dari rumah ke rumah,” sambung Theresia.

Penting bagi KPU untuk memonitoring Pencoklitan dilakukan petugas guna memastikan data yang valid karena data lapangan akan menentukan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) dan DPT akan berpengaruh pada jumlah logistik surat suara yang akan dialokasikan dari pusat ke daerah.

Untuk itu, Theresia menegaskan petugas PPDP betul-betul melaksanakan tugas dan fungsinya karena dipastikan jumlah pemilih baru akan bertambah.

Sebelum itu, diharapkan pula KPU empat kabupaten melakukan pembekalan sebelum para PPDP turun ke lapangan agar PPDP mampu memaksimalkan tugas coklit di masing-masing wilayah.