BeritaBudayaDaerah

HUT Raja Ampat ke-21, Distrik Misool Timur Sumbang Tarian Adat “Setan Gamutu” Untuk Kepemimpinan AFU-ORI

×

HUT Raja Ampat ke-21, Distrik Misool Timur Sumbang Tarian Adat “Setan Gamutu” Untuk Kepemimpinan AFU-ORI

Sebarkan artikel ini
Grup suling tambur Distrik Misool Timur mengenakan pakaian adat "Setan Gamutu" Foto Hizkia /TN

TEROPONGNEWS.COM, WAISAI – Festival suling tambur dalam rangka HUT Kabupaten Raja Ampat ke-21 tanggal 9 Mey 2024 secara resmi dibuka oleh Bupati Raja Ampat, Abdul Faris Umlati didampingi Wakil Bupati Orideko Burdam bersama Forkopimda setempat, Rabu (8/5/2024).

Festival Suling Tambur Tahun 2024 di ikuti sebanyak 20 tim yang mewakili 24 Distrik yang tersebar di Kabupaten Raja Ampat mulai start dari Kantor Bupati Raja Ampat menuju Pantai Waisai Torang Cinta (WTC).

HUT Kabupaten Raja Ampat yang ke-21 dan Festival suling tambur tahun 2024 merupakan tahun terakhir kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati Abdul Faris Umlati, SE dan Orideko Burdam.

Bertepatan dengan momentum akhir masa jabatan Bupati AFU selama 10 tahun dan Orideko Burdam selama 5 tahun pimpin Raja Ampat. Distrik Misool Timur kembali menampilkan penampilan yang unit dan menarik dari semua tim, Kehadiran grup suling tambur yang pernah meraih juara harapan I pada Festival Suling Tambur Tahun 2023 ini selain target juara dan juga sebagai bentuk hadiah akhir masa jabatan kepemimpinan AFU-ORI.

Hadirnya anak-anak matbat dari Distrik Misool Timur Kabupaten Raja Ampat ini menghibur publik Raja Ampat, Grup Suling Tambur Distrik Misool Timur mempertontonkan budaya asli suku matbat dengan mengenakan kostum “Setan Gamutu”.

Grup suling tambur Distrik Misool Timur hadir dengan ciri khas pakaian adat yang terbuat dari ijuk (Gamutu) dan topeng dari pelepah sagu “Setan Gamutu’ ini mencerminkan budaya adat suku matbat.

Baju adat setan gamutu merupakan salah satu tarian khas suku matbat. Dalam upacara adat, masyarakat suku matbat menggunakan tarian setan gemutu sebagai pelindung upacara dengan tujuan untuk memastikan upacara tersebut tidak terganggu oleh siapapun hingga selesai.

Tarian Setan Gamutu merupakan asal usul peradaban suku matbat yang diwariskan sejak nenek moyang. Tarian adat suku matbat ini perna dijadikan salah satu tarian pada ivent Festival Bahari Raja Ampat Tahun 2016.

Sejak masuk pintu Waisai Torang Cinta, Tim Suling Tambur Distrik Misool Timur dibawah pimpinan mayoret Mika Fadimpo ini menyita perhatian publik . Anak-anak matbat ini menyuguhkan penampilan menarik.