BeritaDaerahPEMILU 2024Politik

Di Arak Tokoh Adat, Cagub Papua Mathius Awoitauw Mendaftar Ke Partai Nasdem

×

Di Arak Tokoh Adat, Cagub Papua Mathius Awoitauw Mendaftar Ke Partai Nasdem

Sebarkan artikel ini
Mathius Awoitauw saat di antar oleh Tokoh Adat Sebagai Cagub Papua Mendaftar di Partai Nasdem Sejumlah Tokoh Adat Iringi Mathius Awoitauw Daftar Nasdem, Selasa (7/5/2024) Foto Nesta/TN

TEROPONGNEWS.COM, JAYAPURA – Pejuang Masyarakat Adat, Mathius Awoitauw di arak-arakan tokoh adat mendaftarkan diri sebagai bakal calon Gubernur Provinsi Papua periode 2024-2029 ke DPW Partai Nasdem di Hawaii Sentani, Selasa (7/5/2024).

Kedatangan bakal calon Gubernur Papua Mathius Awoitauw dan simpatisan di arak-arakan oleh puluhan tokoh adat dan masyarakat papua menuju kantor DPW Nasdem Papua, Sentani Kabupaten Jayapura.

Mathius Awoitauw mengatakan kedatangan dirinya dan tim ke markas Partai Nasdem yang tidak asing lagi dengan dirinya selalu Ketua DPW untuk mengembalikan berkas pendaftaran sebagai syarat bakal calon Gubernur Papua guna mendapatkan rekomendasi Parpol.

“Hari ini hari terakhir kami datang untuk mendaftar sebagai syarat untuk maju sebagai calon Gubernur guna mendapatkan rekomendasi Partai ” ungkap Mathius Awoitauw.

Selain sebagai calon Gubernur Papua, Mantan Bupati Jayapura dua periode ini mengatakan bahwa Nasdem sendiri akan mengusung satu pasangan bakal calon Gubernur bersama kualifikasi dimana Nasdem saat ini memiliki 7 kursi di DPR tinggal menambah 3 kursi dari partai kualisi

“Nasdem akan mengusung calon Gubernur, kami tidak bisa membangun Papua sendiri, kami akan bersama-sama Parpol lain untuk membangun Papua,” Katanya.

Mantan Bupati Jayapura dua periode ini mengaku dirinya sudah melakukan roadshow atau mendaftar di beberapa partai yakni Gerindra, PDIP, Golkar, PKB, PKS, Perindo, PSI yang sudah di daftarkan oleh tim pemenangan.

“Kami sudah mendaftar di beberapa partai, kita lihat kedepan seperti apa, jikalau sembilan kursi Nasdem bisa mengusung calonya Gubernur dan Wakil gubernur Provinsi Papua,” ujarnya.

Ketua tim Penjaringan DPW Nasdem Papua Beatrix Monim mengaku sudah menerima beberapa calon Gubernur Papua yang mengembalikan berkas-berkasnya, yakni 3 calon Gubernur dan 2 calon wakil Gubernur, selanjutnya berkas akan di bawa ke Jakarta untuk di verifikasi kelayakan untuk mendapatkan rekomendasi sebagai syarat calon Gubernur.

“Berkas sudah kami terima selanjutnya akan kami diplenokan di DPW kemudian dibawa dan serahkan ke DPP untuk di proses,” tandasnya.

Proses pemberkasan bakal calon Gubernur yah telah di Terima oleh DPW Partai Nasdem Papua, akan melakukan tahapan phikotes serta wawancara di Jakarta, kemudian akan menunggu hasil tes atau rekomendasi dari DPP kepada calon pada tanggal 20 Mei hingga 30 juni 2024 nanti.