Berita

Lekransy: Kehadiran PT. Telkom Dibutuhkan Untuk Akomodir Kebutuhan Digitalisasi

×

Lekransy: Kehadiran PT. Telkom Dibutuhkan Untuk Akomodir Kebutuhan Digitalisasi

Sebarkan artikel ini
Plt. Kepala Diskominfo Sandi, Ronald H. Lekransy menerima kedatangan General Manager PT. Telkom Witel Maluku, Agus Widhiarsana bersama tim menyambangi Balai Kota Ambon, Kamis (18/4/2024). Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, AMBON – General Manager (GM) PT. Telkom Witel Maluku, Agus Widhiarsana bersama tim menyambangi Balai Kota Ambon, Kamis (18/4/2024).

Kedatangan pucuk pimpinan PT Telkom Maluku ke Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon, guna bersilahturahmi dan berkoordinasi dengan jajaran Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (Diskominfo Sandi), yakni Plt. Kepala Dinas, Ronald H. Lekransy yang didampingi para Kepala Bidang, Kepala Seksi dan pejabat fungsional, dalam pertemuan di Ruang Rapat Command Center (CC) lantai IV Balai Kota Ambon.

Plt. Kepala Diskominfo Sandi, Ronald H. Lekransy dalam pengantarnya mengawali pembicaraan menyampaikan apresiasinya, atas kehadiran GM PT.Telkom dan tim, sehingga dapat berdiskusi secara langsung terkait kerjasama yang selama ini terjalin dengan Pemkot) Ambon.

Menurutnya, peran pihak ketiga dalam hal ini PT. Telkom Witel Maluku sangat dibutuhkan, dalam mengakomodir kebutuhan digitalisasi, untuk peningkatan kualitas pelayanan publik di Kota Ambon.

Kontribusi PT Telkom dalam menyediakan koneksi internet fiber optic yang telah menjangkau semua desa, negeri, dan kelurahan di Kota Ambon adalah bentuk dukungan yang luar biasa, dan itu menambah nilai kesiapan infrastruktur digital Kota Ambon.

5418
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

“Berdasarkan riset Institut Teknologi Bandung (ITB), disampaikan bahwa nilai digitalisasi Kota Ambon sudah cukup tinggi. Kita telah berada pada level survival. Artinya, digitaliasai sudah dilakukan dengan arah yang cukup jelas dan sudah berdampak pada hampir sebagian besar area layanan yang dilakukan oleh Pemkot Ambon. Tinggal dua fase lagi, kita masuk fase transformed, di mana digitalisasi menjadi budaya hidup pemerintah dan warga kota ini,” ungkapnya.

Lekransy juga menyampaikan beberapa catatan penting, untuk dapat dipertimbangkan PT. Telkom Witel Maluku dalam pengembangan kerjasama dengan Pemkot Ambon

“Pertama, media penyimpanan data untuk CCTV secara online, ke depan kami butuh fasilitas ini, karena sampai dengan hari ini kita masih melakukan penyimpanan data secara konvensional atau manual. Teman-teman ambil file simpan ke hardisk eksternal, yang mengakibatkan pekerjaan menjadi lambat,” jelasnya.

Kedua, lanjutnya, jajaran pegawai Diskominfo Sandi butuh mendapatkan bimbingan teknis, dalam pengembangan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM), utamanya terkait dengan SPBE dan Smart City.

“Ketiga, dukungan kemudahan up jaringan internet dalam mendukung event tertentu, tanpa ada biaya tambahan,” tandasnya

Terkait dengan permintaan tersebut, GM PT.Telkom Wilayah Maluku, Agus Widhiarsana mengaku, akan dipertimbangkan secara baik oleh pihaknya, dengan memperhatikan kewajiban apa saja yang harus dipenuhi oleh kedua belah pihak.

“Seperti disampaikan tadi, kami juga mempunyai kewajiban untuk memastikan administrasinya, sehingga mekanismenya dapat terpenuhi dengan baik. Kami sangat berharap, bahwa kerjasama antar Telkom dan Diskominfo Sandi terjalin semakin baik, sehingga dapat memberikan support untuk memberikan penyempurnaan digitalisasi di kota ini, guna melayani masyarakat,” harapnya.