Berita

Wattimena: Pers Harus Jadi Pilar Demokrasi

×

Wattimena: Pers Harus Jadi Pilar Demokrasi

Sebarkan artikel ini
Workshop Penguatan Wawasan Kebangsaan Untuk Wartawan di Kota Ambon Jelang Pemilukada Tahun 2024, yang berlangsung di Media Cafe, Gedung Ambon Ekspress, Senin (11/3/2024). Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Peran Pers sebagai salah satu pilar demokrasi selain lembaga eksekutif, legislatif dan yudikatif, sangat krusial guna menjaga perwujudan demokrasi itu sendiri.

Demikian disampaikan PJ Wali Kota Ambon, Bodewin M. Wattimena dalam sambutannya, saat membuka Workshop Penguatan Wawasan Kebangsaan Untuk Wartawan di Kota Ambon Jelang Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) Tahun 2024, yang berlangsung di Media Cafe, Gedung Ambon Ekspress, Senin (11/3/2024).

Workshop ini menghadirkan narasumber Komisioner Bawaslu Kota Ambon, Reno Pattisina, Plt. Kepala Badan Kesbangpol Kota Ambon, Yan Suitela, Akademisi Said Lestaluhu, serta Tokoh Pers Maluku, Novi Pinontoan.

“Pers dianggap dapat memberikan kontribusi, dalam rangka mewujudkan demokrasi di Indonesia karena dari ketiga lembaga ini, belum tentu kita bisa mewujudkan demokrasi yang baik, sebab masing-masing ada dengan kepentingannya, tetapi pers dianggap sangat objektif, independen, dan bisa menjaga ketiga pilar yang lain,” pungkas dia.

Menurut Wattimena, pers selama ini sudah berperan luar biasa dalam menjaga integrasi bangsa. Namun ada juga yang dipengaruhi oleh kepentingan-kepentingan di luar itu.

5182
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Sehingga Wattimena sangat mengapresiasi kegiatan ini, guna penguatan wawasan kebangsaan bagi wartawan, sehingga dapat mendalami peran demi tujuan bangsa yang lebih besar.

“Ini cara untuk bagaimana memahami bagaimana posisi, kedudukan, peran, dan tanggung jawab kita, untuk bersama-sama menuju ke perbaikan demokrasi, bersama empat pilar kebangsaan dalam menjaga mempertahankan, melestarikan, demokrasi,” bebernya.

Wattimena berharap, dengan adanya workshop ini, para peserta yang notabene berprofesi sebagai “kuli tinta” dalam melaksanakan tugasnya, dan tidak menjadi orang yang meredupkan semangat kebhinekaan di antara perbedaan yang ada.

“Kalau kita memahami wawasan kebangsaan, maka kita akan bertindak objektif dalam pemberitaan, sebab kita terpanggil bersama untuk membangun Kota Ambon yang kita cintai, menuju Indonesia Emas yang menjadi tujuan bersama kita,” tandasnya.

Sementara itu, Direktur Ameks Institute, Nasri Dumula mengaku, kegiatan ini diselenggarakan pihaknya dalam rangka meningkatkan kualitas pemberitaan, terkait Pemilukada di Kota Ambon, guna mencegah terjadinya kekeliruan, dan kemungkinan adanya kesalahan penafsiran, terhadap suatu angel berita yang berpotensi melanggar kode etik jurnalis.

“Untuk itu dalam prosesnya kami menghadirkan para narasumber yang berkompeten, untuk bertukar pikiran mengenai regulasi Pemilukada sesuai dengan keberadaan dan tugas masing-masing. Inilah bentuk kontribusi kami, dalam rangka mendorong sistem demokrasi yang akuntabel,” pungkasnya.