BeritaPEMILU 2024

Skorsing Dicabut, Rapat Pleno KPU PBD Lanjut Baca Hasil Rekap KPU Sorsel

×

Skorsing Dicabut, Rapat Pleno KPU PBD Lanjut Baca Hasil Rekap KPU Sorsel

Sebarkan artikel ini
Interupsi yang dilakukan saksi Partai Demokrat saat usai pembacaan hasil rekapitulasi oleh KPU Sorsel dalam rapat Pleno KPU Provinsi PBD, Senin (11/3/2024)
Interupsi yang dilakukan saksi Partai Demokrat saat usai pembacaan hasil rekapitulasi oleh KPU Sorsel dalam rapat Pleno KPU Provinsi PBD, Senin (11/3/2024)

TEROPONGNEWS.COM, SORONG – Hari keempat, lanjutan rapat pleno KPU Papua Barat Daya, Senin (10/3/2024). Setelah semalam , KPU Provinsi Papua Barat Daya berupaya agar proses rekapitulasi untuk Kabupaten Sorong Selatan bisa segera dibacakan dan mendapat pengesahan.

Akhirnya, karena tidak sinkronnya data DPT, data pemilih khusus laki – laki dan perempuan yang berbeda – beda untuk setiap pemilihan membuat, pimpinan rapat pleno, Andarias D. Kambu memutuskan untuk rapat diskors dan. akan dilanjutkan, Senin (11/3).

Upaya perbaikan| yang dilakukan cukup membuahkan hasil terbukti saat KPU Sorsel membaca hasil rekapitulasi hitungan untuk pemilihan Calon Anggota DPR RI dan Calon Anggota DPD RI berlangsung lancar.

Namun saat masuk pembacaan hasil pleno rekapitulasi perhitungan suara untuk pemilihan calon anggota DPR Provinsi terjadi hujan interupsi.

Ketua KPU Papua Barat Daya, Andarias D. Kambu sampai harus bersuara keras untuk meminta saksi tetap tenang dan mengikuti tata tertib yang berlaku.

5180
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

“Bila tidak tertib, saya bisa panggil keamanan untuk dikeluarkan dari ruang rapat pleno, ” kata Andarias Kambu menegaskan.

Hujan interupsi dimulai dari saksi PSI yang mempersoalkan suara yang seharusnya sudah dilakukan perbaikan pada pleno distrik, tapi saat dibacakan tadi hasilnya justru sebelum terjadi perbaikan.

Kemudian Partai Demokrat menyatakan telah mengajukan surat keberatan bersama dengan PAN.

Namun dari keterangan Bawaslu di ketahui keberatan dari PAN dan Demokrat sudah diselesaikan saat rapat pleno.

Bawaslu Provinsi PBD meminta kepada pimpinan rapat pleno untuk dilakukan pencocokan data atas keberatan yang dilayangkan oleh PSI.

Pimpinan Rapat pleno lantas melakukan skors rapat. “Rapat kita skors supaya bisa dilakukan kajian bukti C 1 hasil yang dimiliki PSI, ” ujar Andarias Kambu sambil mengetuk palu pertanda skors rapat.