Berita

Dinkes Bandung Minta Sistem Kesehatan Petugas Pemilu Perlu Diperbaikan

×

Dinkes Bandung Minta Sistem Kesehatan Petugas Pemilu Perlu Diperbaikan

Sebarkan artikel ini
Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandung, Anhar Hadian. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, BANDUNG – Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandung, Anhar Hadian meminta, adanya perbaikan sistem terkait pembagian tugas dalam pelaksanaan Pemilu. Khususnya terkait kesehatan, agar para petugas tetap fit dalam menjalankan tugasnya.

“Kami mengharapkan ada perbaikan sistem. Tadi Pak RW mengeluhkan, jika caranya begini tetap saja akan banyak yang sakit. Saya pikir masuk akal,” kata Anhar kepada wartawan, di Bandung, Senin (19/2/2024).

Ia meminta kepada KPU, untuk mewajibkan para petugas, agar mengedepankan kesehatan. Salah satunya sarapan sebelum melaksanakan tugas.

“Jaga kondisi badan, salah satunya saya meminta KPU mewajibkan mereka sarapan. Karena dari situ mulai tidak dirasa, ketika pencoblosan sore baru terasa mual segala macam,” jelasnya.

Anhar menuturkan, pekerjaan para petugas baru selesai sekitar pukul 03.00 atau 04.00 WIB. Artinya begadang, sehingga kurang waktu untuk istirahat.

5183
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

“Apakah bisa dilaksanakan menjadi 2 hari? Hari pertama untuk pencobolosan, hari kedua perhitungan, misalnya. Saya kurang paham secara aturan bagaimana, tapi dari sisi kesehatan melihat kalau sistemnya masih seperti ini berat. Sesehat apapun orang, kalau harus bergadang apalagi dengan tekanan,” bebernya.

Namun, sesuai SOP, ia telah mengatur para kepala Puskesmas untuk memeriksa seluruh petugas Pemilu.

“Saya sudah meminta seluruh Kepala Puskesmas mengecek lagi seluruh anggota KPPS, untuk memastikan kesehatannya. Khawatir masih ada yang sakit,” kata Anhar.

Sesuai data, yang terlayani masuk posko kesehatan selama pemilu berlangsung sebanyak 345 orang.

“Ini bukan anggota KPPS saja, ada petugas pemilu seperti Linmas dan Panwaslu. Total kemarin yang masuk ke data kami itu 345 orang yang kami layani dari 30 kecamatan,” katanya.

“Sementara yang masuk ke rumah sakit itu 10 orang, 8 sudah pulang, 1 meninggal dan 1 pasien baru masuk hari kemarin di rumah sakit Bandung Kiwari,” beber dia.

Ia berharap, para petugas pemilu mampu menjaga kesehatannya, belajar dari pengalaman saat ini.