BeritaKemanusiaan

Angkie Yudistia: Pentingnya Peran Pemerintah Selanjutnya Prioritaskan Atlet Disabilitas

×

Angkie Yudistia: Pentingnya Peran Pemerintah Selanjutnya Prioritaskan Atlet Disabilitas

Sebarkan artikel ini
Staf Khusus Presiden bidang sosial Angkie Yudistia saat menggelar pertandingan persahabatan tenis melibatkan atlet tenis kursi roda penyandang disabiltas dari Pusat Rehabilitasi Kementerian Pertahanan (Pusrehab), di Kantor Kesekretariatan Presiden, Minggu (25/4/2024)(Foto: Mohammad Ivan/TN).

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Staf Khusus Presiden Bidang Sosial Angkie Yudistia mendorong pemerintah selanjutnya untuk selalu memperhatikan para atlet penyandang disabilitas.

Hal itu dikatakan Angkie Yudistia saat menggelar pertandingan persahabatan tenis melibatkan atlet tenis kursi roda penyandang disabiltas dari Pusat Rehabilitasi Kementerian Pertahanan (Pusrehab) di Kantor Kesekretariatan Presiden, Jakarta Pusat, Minggu (25/2/2024).

Angkie menilai saat ini para atlet berkebutuhan khusus dari semua cabang olahraga telah menorehkan banyak prestasi dikancah nasional maupun internasional.

Salah satunya dengan menjadi juara umum Asean Para Games tiga kali berturu-turut yang edisi terakhirnya dilaksanakan di Kamboja pada 2022.

“Kita ingin menunjukkan bahwa disabilitas bisa, bisa berkarya, bisa mandiri, dan bisa berdaya, salah satunya adalah dengan olahraga,” Ungkap Angkie.

5189
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Ia juga mau menunjukkan kepada masyarakat luas, bahwa penyandang disabilitas itu bisa dipandang setara dengan orang normal dalam dunia olahraga.

“Jadi kami tidak perlu lagi di minority, apalagi kami dipandang sebelah mata, tapi kami menyampaikan kalau kami (penyandang disabilitas) bisa,” tegasnya.

Disisi bersamaan, salah satu atlet bernama Sugiyanto mengatakan, kepada seluruh kaum disabilitas untuk tidak pantang menyerah dalam mengejar prestasi. Ia juga berpesan pentingnya peran keluarga untuk meningkatkan kercayaan rasa percaya diri.

“Kadang-kadang kalau ada anaknya penyandang disabilitas dia merasa malu atau bagaimana untuk beraktivitas diluar,” kata peraih medali perah di Kejuaraan Malaysia Open 2014.

“Jadi tolong kalau ada yang penyandang disabilitas dukungan utama adalah keluarga,” sambungnya.

Senada akan hal itu, pelatih Sugiyanto bernama Sugeng Purwanto mengucapkan rasa terima kasih kepada Angkie Yudistia karena telah mengadakan pertandingan persahabatan.

Dengan harapan, kedepannya atlet-atlet penyandang disabilitas tetap dapat menorehakan prestasi dan mengharumkam nama Indonesia di kancah internasional.

“Terima kasih kepada Ibu Angkie atas undangannya di pertandingan persahabatan hari ini, kami bisa lebih giat berlatih lagi untuk go nasional maupun internasional,” pungkasnya.