Berita

Belasan Kelompok Nelayan di Ambon Terima Bantuan Peralatan Tangkap

×

Belasan Kelompok Nelayan di Ambon Terima Bantuan Peralatan Tangkap

Sebarkan artikel ini
Penyerahan bantuan mesin dan peralatan tangkap kepada 15 kelompok nelayan, yang berlangsung di pesisir Negeri Galala, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, Selasa (23/1/2024). Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon melalui Dinas Perikanan, menyerahkan bantuan mesin dan peralatan tangkap kepada 15 kelompok nelayan penerima. Penyerahan bantuan ini, dilakukan dalam acara yang digelar di pesisir Negeri Galala, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon

PJ Wali Kota Ambon, Bodewin M. Wattimena meminta, agar bantuan tersebut dapat dimanfaatkan untuk peningkatan produktivitas.

“Menjadi catatan kolektif, ada banyak kelompok-kelompok yang dibentuk ketika pemerintah memberikan bantuan itu tidak digunakan sebagaimana mestinya, untuk meningkatkan produktivitas mereka, tetapi malah sebagian dijual dan hasilnya dibagi-bagi,” beber Wattimena dalam keterangan tertulisnya, yang diterima wartawan di Ambon, Rabu (24/1/2024).

Menurut dia, pemberian bantuan untuk pemberdayaan masyarakat seperti ini sudah banyak dilakukan, bukan oleh pemerintah saja tetapi juga oleh gereja maupun lembaga lainnya, tetapi kurangnya pengawasan menjadi kendala sehingga bantuan menjadi mubazir.

“Kami berharap bantuan ini dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Ibu Kadis Perikanan nanti terus dibantu dan dievaluasi, dan buat surat kepada kades/raja supaya juga turut memantau. Kalau ada yang kedapatan (menjual) seperti itu, maka negeri atau desa itu tidak akan dibantu lagi,” tegas Wattimena.

5380
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Wattimena mengaku, tujuan penyerahan bantuan ini, agar dapat meningkatkan pendapatan kelompok nelayan. Dengan demikian, maka jumlah masyarakat miskin di Kota Ambon akan semakin berkurang.

“Pemkot tidak berharap nanti diberi sesuatu, tetapi bantuan dapat dimanfaatkan untuk peningkatan pendapatan bapak dan ibu. Kalau pendapatan meningkat, maka jumlah masyarakat miskin di Kota Ambon akan semakin berkurang. Itu harapan kami,” jelasnya.

Dikatakan, bantuan ini bersifat stimulan, lantaran sebelum diberikan, para nelayan juga sudah menggantungkan hidupnya dari mencari ikan.

“Jadi kami sifatnya hanya menstimulan bapak dan ibu supaya semakin meningkat produktivitas. Artinya, hasil pancing yang diperoleh itu semakin meningkat. kita berharap, program ini terus akan dilakukan oleh Pemkot Ambon melalui dinas terkait, supaya membantu para nelayan untuk bisa meningkatkan hasil tangkapan,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perikanan Kota Ambon, Febrien Maail dalam laporannya mengaku, penyerahan bantuan ini dibiayai lewat lewat Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Ambon Tahun Anggaran 2023.

“Pengadaan bantuan yang diberikan kepada masyarakat, yaitu 15 unit motor tempel 18 PK, 15 paket pancing tonda. Dimana masing-masing kelompok mendapatkan satu unit kapal pancing tonda, perlengkapan pancing, hingga alat GPS,” tutup Maail.