Ekonomi

Soal UMP DKI 2024, Heru Budi Sebut Buruh Bakal Terima Bantuan Pangan dan Transportasi Gratis

×

Soal UMP DKI 2024, Heru Budi Sebut Buruh Bakal Terima Bantuan Pangan dan Transportasi Gratis

Sebarkan artikel ini
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono beserta jajarannya saat menggelar konferensi pers di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Selasa (21/11/2023). (Foto: Pierre Ombuh/TN).

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menilai kenaikan besaran upah minimum provinsi (UMP) 2024 sebesar Rp 5.067.381 dirasanya sudah sangat baik.

Sebab, selain memberikan kenaikan UMP, Heru menungkapkan, para buruh juga mendapatkan bantuan dan beberapa fasilitas, seperti bantuan pangan dan transportasi gratis.

“Selain UMP ada Transportasi gratis, bantuan pangan, kartu pekerja jakarta, lalu ada turunannya seperti KJP dan BPJS. Bu asisten Kesra sudah mengecek, memastikan mereka mendapatkan BPJS dari perusahaan,” kata Heru kepada wartawan di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Rabu (22/11/2023).

Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) itu menyampaikan, kenaikan UMP DKI sebesar 3,6 persen tersebut atas hasil pertimbangan yang didasari masukan dari semua pihak.

“Sekali lagi kita harus melihat lapisan kemampuan, keinginan pekerja iya, tapi kemampuan si pengusaha juga harus kuta hitung,” jelas Heru.

Sebelumnya diberitakan TeropongNews, Heru mengaku siap dengan wacana buruh yang akan menggugat Pemprov DKI ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jakarta. Hal itu terkait dengan Kepgub UMP DKI yang tidak sesuai tuntutan buruh yang menginginkan kenaikan UMP tahun 2024 di angka 15 persen.

Heru mengatakan, setiap warga negara memiliki hak untuk menggugat jika ada sesuatu yang tak sesuai dalam kebijakan di pemerintahan.

“Ya ga papa, namanya hak-hak warga negara, Kepgub mana yang baru saya terbitkan,” kata Heru dalam konferensi persi di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Selasa ( 21/11/2023).