LingkunganPemerintahan

Pj Gubernur Heru Resmikan Kick Off Pembangunan IPA Milik PAM Jaya di Jakarta Selatan

×

Pj Gubernur Heru Resmikan Kick Off Pembangunan IPA Milik PAM Jaya di Jakarta Selatan

Sebarkan artikel ini
Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono bersama Dirut PAM Jaya Arief Nasrudin dan pihak lainnya saat meresmikan Kick Off Pembangunan Instalasi Pengolahan Air (IPA) di Pesanggrahan, Jakarta Selatan, Jumat (3/11/2023). (Foto: Ist).

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – PAM Jaya meresmikan Kick Off Pembangunan Instalasi Pengolahan Air (IPA) yang awal pengerjaannya dihadiri oleh Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono di Pesanggrahan, Jakarta Selatan, Jumat (3/11/2023). Adapun pembangunan tersebut guna meningkatkan ketersediaan air bersih di Jakarta.

Heru pun berpesan agar menitipkan wilayah tersebut kepada PAM Jaya agar terus melayani dalam penyediaan air bersih bagi warga Jakarta.

“Semoga Allah SWT senantiasa memberikan kemudahan bagi kita untuk memperkuat sinergi dan mengupayakan peningkatan ketersediaan air dan perpipaan air bersih di Jakarta,” kata Heru di PAM Jaya DCR 5, Cilandak, Jakarta Selatan.

Dalam hal ini, Pemprov DKI Jakarta telah mengalokasikan dana Penyertaan Modal Daerah (PMD) dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI Jakarta tahun 2023. Rencananya pembangunan IPA Pesanggrahan akan rampung pada tahun 2025.

“Katanya Pak Dirut (pengerjaan berlangsung) selama 1,5 tahun. Semoga sehat semua sampai 2025. Anggaran dari Pemprov DKI melalui PMD sekitar Rp 200 miliar,” ungkap Heru.

Perlu diketahui, PAM Jaya pada hari ini, Jumat (3/11), IPA Pesanggrahan, Jakarta Selatan, diresmikan secara langsung oleh Pj Gubernur Heru.

Sementara itu, Dirut PAM Jaya Arief Nasrudin menjelaskan, dengan luas 4.000 meter persegi, kapasitas IPA Pesanggrahan mencapai 750 liter/detik untuk melayani kebutuhan air bersih warga di 20 kelurahan di Jakarta Selatan dan akan melayani 45 ribu pelanggan.

Terdapat pula tempat penyimpanan cadangan air/reservoir untuk mengalirkan air agar lebih merata bagi warga yang membutuhkan.

“Total reservoir yang ada di Pesanggarahan ini nanti akan mencapai 2,1 hektare. Akan ada dua reservoir yang kapasitasnya mencapai 2.500 liter per second (lps),” terang Arief.

Oleh karena itu, Arief berharap, dengan pembangunan IPA Pesanggrahan dapat membantu mencukupi kebutuhan dasar warga terhadap air bersih.

“Ini akan kami sambungkan ke rumah Bapak/Ibu semua, sehingga air di rumah Bapak/Ibu akan semakin lebih baik dan investasinya pasti akan lebih baik juga karena airnya mengalir,” lanjut Arief.

Sebagai informasi, Kelurahan yang akan dialiri air bersih dari IPA Pesanggrahan di antaranya Kecamatan Pesanggrahan, mencakup Kelurahan Bintaro, Pesanggrahan, Ulujami, Petukangan Selatan, dan Petukangan Utara.

Kemudian, Kecamatan Kebayoran Lama mencakup Kelurahan Cipulir, Kecamatan Kembangan mencakup Kelurahan Joglo, Srengseng, Meruya Selatan, dan Meruya Utara.

358_PENGUMUMAN-HASIL-PENELITIAN-ADMINISTRASI_PPD