BeritaDaerah

7 Tahun Vakum, DPD KNPI Raja Ampat Segera “Bangun Dari Tidur”

×

7 Tahun Vakum, DPD KNPI Raja Ampat Segera “Bangun Dari Tidur”

Sebarkan artikel ini
Rapat Pleno Penetapan Karateker Ketua dan Sekretaris KNPI Raja Ampat, Foto IST/TN

TEROPONGNEWS.COM, SORONG – Setelah sempat vakum sejak tahun 2016, Dewan Pengurus Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Provinsi Papua Barat Daya menggelar Rapat Pleno, Sabtu (4/11/2023).

Rapat pleno yang di pimpin Ketua Karateker DPD KNPI Provinsi Papua Barat Daya, Jois Kambu itu bertempat di Sekretariat DPD KNPI Provinsi PBD. Diketahui Rapat pleno dihadiri pengurus KNPI Provinsi ke-38 itu akhirnya menemukan titik terang regenerasi kepengurusan yang baru setelah vakum cukup lama.

Jois Kambu sebagai karakter Ketua DPD KNPI Provinsi Papua Barat Daya pada rapat pleno tersebut menunjuk Ria Siti Umlati Sebagai Ketua Karateker KNPI Raja Ampat dan Husen Umkabu sebagai Sekretaris DPD KNPI Raja Ampat.

Kevakuman DPD KNPI Raja Ampat kata Jois Kambu cukup lama terjadi sehingga DPD KNPI Provinsi Papua Barat Daya Menggelar rapat pleno dalam rangka perpanjangan karateker ketua KNPI Raja Ampat. Dimana lanjut Jois, rapat pleno tersebut sesuai AD/ART Organisasi Pemuda tentang sistim pengambilan keputusan.

“Kita semua tahu bahwa kevakuman KNPI di Raja Ampat cukup lama, sementara di satu sisi bahwa kita harus menyelamatkan pemuda di Raja Ampat, KNPI harus ada, KNPI harus definitif untuk menjalankan tugas pembinaan pemuda di Raja Ampat,” kata Jois Kambu.

Jois Kambu berharap, karateker Ketua DPD KNPI Kabupaten/Kota di Provinsi Papua Barat Daya yang telah ditugaskan sebagai karakter agar menjalankan tugas dan amanah yang diberikan oleh KNPI Provinsi termasuk karateker DPD KNPI Raja Ampat yang hari ini di tunjuk guna melakukan konsolidasi persiapan Rapimda dan juga pelaksanaan Musda di Kabupaten Raja Ampat dan Kabupaten lain di Provinsi PBD.

Sementara itu, Ketua karateker KNPI Raja Ampat, Ria Siti Umlati mengapresiasi Ketua DPD KNPI Papua Barat Daya yang mana memberikan kepercayaan kepada dirinya untuk menjalankan tugas sebagai karakter KNPI Raja Ampat.

Lanjut Ria, sesuai arahan ketua DPD KNPI Provinsi Papua Barat Daya, Ia sebagai ketua karateker akan melakukan konsolidasi serta mempersiapkan Rapimda dan Musda untuk memilih Ketua KNPI Raja Ampat yang definitif.

Wanita asal kampung waigama Raja Ampat itu menuturkan, setelah dipercayakan sebagai karakter ketua DPD KNPI Raja Ampat, langkah pertama adalah dirinya bersama kepengurusan yang baru di tunjuk segera berkunjung ke setiap di Distrik untuk membentuk KNPI di tingkat Distrik sehingga KNPI Raja Ampat kembali berjaya.

“Tadi pesan Ketua KNPI Provinsi, harus orang yang terbaik. Harus bisa menyatukan organisasi kepemudaan. Bagaimana menjadikan itu sebagai satu kekuatan pemuda-pemuda untuk membangun Kabupaten Raja Ampat menjadi lebih baik,” imbuhnya.

Ria juga berharap, kegiatan Rapimda dan Musda tersebut bukan hanya suatu seremoni. Akan tetapi, dengan Rapimda dan Musda itu akan terpilih kepengurusan yang dapat mendobrak kreativitas pemuda.

“Kita belajar dari sejarah, 2016 Pemuda di Raja Ampat vakum, jangan sampai terjadi lagi. Tapi saya percaya, dengan waktu yang begitu singkat, kami segerah menggelar Musda,” tutup Ria Siti Umlati.

358_PENGUMUMAN-HASIL-PENELITIAN-ADMINISTRASI_PPD