Berita

Wattimena Harap Kunjungan Wakil Dubes Polandia Buka Peluang Kerjasama Sektor Pariwisata

×

Wattimena Harap Kunjungan Wakil Dubes Polandia Buka Peluang Kerjasama Sektor Pariwisata

Sebarkan artikel ini
PJ Wali Kota Ambon, Bodewin M. Wattimena, saat menerima kunjungan Wakil Duta Besar (Dubes) Negara Polandia untuk Indonesia, Stefan Piotr Firlus, di ruang kerjanya, Rabu (25/10/2023). Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Wakil Duta Besar (Dubes) Negara Polandia untuk Indonesia, Stefan Piotr Firlus, mengunjungi Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon, dan diterima oleh PJ Wali Kota Ambon, Bodewin M. Wattimena, di ruang kerjanya, Rabu (25/10/2023).

Wattimena usai pertemuan mengaku, dengan adanya kunjungan tersebut, maka terbuka peluang kerjasama antara Pemerintah Polandia dan Pemkot Ambon di berbagai bidang.

“Kunjungan Wakil Dubes Polandia bermaksud menjajaki kemungkinan adanya kerjasama di sektor pariwisata. Sebab berangkat dari catatan wisatawan asal Polandia, yang berkunjung ke ibukota Provinsi Maluku ini terbilang cukup banyak, karena mencapai 200-an lebih,” bebernya.

Menurutnya, jika hubungan antara kedua pihak terjalin baik, maka bisa membuka kans adanya travel agent yang dikelola oleh pemerintah atau swasta, yang bisa membantu mengatur perjalanan wisata para wisatawan Polandia selama di Kota Ambon.

Wattimena menambahkan, selain pariwisata, Pemerintah Polandia juga tertarik pada kerjasama di bidang pendidikan, melalui program pertukaran mahasiswa Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon. Hal itu tentu menjadi awal kerjasama pendidikan lainnya ke depan.

“Saya juga sebenarnya minta ke Wakil Dubes untuk bantu kita di Kota Ambon, soal penyediaan air bersih. Tapi ternyata, di Polandia juga air bersih sulit. Mereka harus ambil dari satu titik,” beber Wattimena.

Demikian juga soal penanganan masalah sampah. Menurut Wattimena, telah diutarakan ke Wakil Dubes Polandia, agar bisa dibantu kerjasama. Serta kemungkinan dijajaki sister city atau kota bersaudara antara Ambon dengan salah satu kota di Polandia.

“Sister City itu nanti, jangka panjang. Yang pasti, kehadiran Wakil Dubes Polandia ke Kota Ambon untuk mengapresiasi kota ini, karena luar biasa. Ambon berbeda dengan kota-kota besar di Jawa. Disini orang bisa menikmati hidup dengan baik, dan pemandangan alamnya indah,” urai Wattimena menirukan atensi Wakil Dubes Polandia.

Bahkan, karena keindahan dan keramahan warga di Kota Ambon, Wakil Dubes Polandia berjanji suatu ketika ingin kembali lagi ke Ambon untuk menikmati city of music ini.

Diketahui, dalam pertemuan tersebut, PJ Wali Kota didampingi Kepala Dinas PUPR, Melianus Latuihamallo, Kepala Dinas Pendidikan, Edy Tasso, dan Kepala Dinas Pariwisata, Rico Hayat.

358_PENGUMUMAN-HASIL-PENELITIAN-ADMINISTRASI_PPD