Berita

Di Provinsi Jabar Terdapat Puluhan Ribu Orang Asing

×

Di Provinsi Jabar Terdapat Puluhan Ribu Orang Asing

Sebarkan artikel ini
Kakanwil Kemenkumham Jabar, R. Andika Dwi Prasetya, saat membuka Rakor Tim PORA Tingkat Wilayah Provinsi Jawa Barat, yang berlangsung di el Royale Hotel Bandung, Selasa (19/9/2023). Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, BANDUNG – Di Provinsi Jawa Barat (Jabar) terdapat 20.998 orang asing dengan rincian, 2.776 pemegang Izin Tinggal Tetap, 16.978 pemegang Izin Tinggal Terbatas, dan 1.244 pemegang Izin Tinggal Kunjungan.

Demikian disampaikan Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenkumham Jabar, R. Andika Dwi Prasetya dalam sambutannya, saat membuka kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) Tim Pengawasan Orang Asing (PORA) Tingkat Wilayah Provinsi Jawa Barat, yang berlangsung di el Royale Hotel Bandung, Selasa (19/9/2023).

“Saya percaya bahwa keberadaan Tim PORA saat ini di tingkat pusat maupun daerah, akan bekerja secara profesional dengan pola kerja yang kolaboratif dan partisipatif, untuk mewujudkan akuntabilitas pemerintah di mata masyarakat. Selamat bertugas bagi Tim PORA Tingkat Provinsi Jawa Barat,” kata dia.

Menurutnya, jumlah orang asing yang cukup besar ini tentunya tidak hanya membawa pengaruh positif, namun juga dapat membawa hal-hal negatif.

“Melalui Tim PORA inilah, kita sama-sama berharap dampak negatif dapat ditekan bahkan dihilangkan,” ujar Andika Dwi Prasetya.

Sebelumnya, Kabid Inteldakim Kemenkumham Jabar, Gatut Setiawan memberikan apresiasi keberadaan Tim PORA, yang sudah berjalan sangat baik selama ini.

“Sebagai wujud sinergitas di antara instansi pemerintahan, dalam pemecahan permasalahan pengawasan yang terjadi di lapangan,” tandas dia.

Untuk diketahui, sebagai moderator dalam kegiatan dengan tema “Sinergitas Tim Pengawasan Orang Asing Terhadap Perkawinan Campuran dan Investor Asing di Wilayah Jawa Barat” ini yakni, Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Jabar, Yayan Indriyana.

Kegiatan ini dilanjutkan dengan pemberian materi oleh narasumber dari Disnakertrans Provinsi Jabar, yang membawakan materi Pengawasan Ketenagakerjaan Dalam Penggunaan Tenaga Kerja Asing, dan narasumber DPMPTSP Jabar, dengan materi Pengawasan Perizinan Berusaha Berbasis Risiko di Jawa Barat.