Berita

Pemkot Bandung Terus Berupaya Sejahterakan Anak

×

Pemkot Bandung Terus Berupaya Sejahterakan Anak

Sebarkan artikel ini
Plh Wali Kota Bandung, Ema Sumarna, saat menghadiri kegiatan dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional Tingkat Kota Bandung, di Hotel Horison, Senin (14/8/2023). Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, BANDUNG – Anak merupakan tanggung jawab bersama. Bukan hanya tanggung jawab orang tua, tetapi juga pemerintah, lingkungan sekitar, dan kelompok masyarakat lainnya.

Oleh karenanya, Plh Wali Kota Bandung, Ema Sumarna memastikan, jika Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung selalu berupaya, agar bisa menyejahterakan anak-anak di Kota Bandung.

“Pemkot Bandung berupaya menyejahterakan anak, dengan berbagai program dimulai dari regulasi,” kata Ema dalam sambutannya, saat kegiatan dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional Tingkat Kota Bandung, di Hotel Horison, Senin (14/8/2023).

Ema mengaku, sejak tahun 2012, Kota Bandung sudah memiliki Perda Nomor 10 tentang Penyelenggaraan Perlindungan Anak yang direvisi tahun 2019 dengan perda nomor 4.

“Inilah yang jadi landasan hukum berbagai program perlindungan anak, melalui perangkat daerah berkolaborasi dengan stakeholders dengan pola pentaheliks antara pemerintah, akademisi, bisnis, komunitas, hingga media,” ungkapnya.

5180
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Memenuhi hak anak, kata Ema, berarti menjamin akses pendidikan bagi semua anak.

“Sebagaimana amanat Undang-Undang, Pemkot Bandung turut menyelenggarakan wajib belajar minimal enam tahun tanpa memungut biaya alias gratis,” bebernya.

Ema menegaskan, Pemkot Bandung juga terus berupaya, untuk memberikan estetika kota yang ramah anak. Seperti penegakan hukum terkait reklame.

“Reklame rokok jangan sampai ada di kawasan pendidikan, perkantoran, kesehatan dan sebagainya. Satpol PP secara bertahap, tertibkan reklame yang melanggar,” ujar Ema.

Di luar itu, Ema meminta kepada para orang tua, untuk mengawasi anak-anak ketika menggunakan gadget.

“Harus bijak lihat konten saat menggunakan alat komunikasi. Jangan sampai gadget ini merusak moral anak,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala DP3AKB Provinsi Jawa Barat, I Gusti Agung Kim Fajar Wiyati Oka mengatakan, anak mempunyai peran strategis bagi pembangunan.

Oleh karenanya, anak harus mendapatkan fasilitas yang bisa memberikan kesempatan untuk berekplorasi.

“Tiap anak itu perlu mendapatkan kesempatan yang luas untuk tumbuh berkembang yang optimal, baik fisik, mental juga sosial,” tuturnya.