Berita

Transjakarta Telah Laksanakan Uji Coba Rute Bandara Soetta Selama Dua Minggu

×

Transjakarta Telah Laksanakan Uji Coba Rute Bandara Soetta Selama Dua Minggu

Sebarkan artikel ini
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Heru Budi Hartono berserta jajaran Pemprov DKI saat memantau langsung uji coba Transjakarta rute Kalideres-Bandara Soetta, di Stasiun Bandara Soetta, Rabu (5/7/2023). (Foto : Ist).

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Direktur Operasional dan Keselamatan PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) mengatakan pihaknya telah melaksanakan uji coba rute ke Bandara Soekarno Hatta (Soetta), Tangerang, Banten, Rabu (5/7/2023) kemarin.

Daud mengungkapkan, uji coba ini sudah sesuai dengan tiga ketentuan yang dikeluarkan oleh Dinas Perhubungan (Dishub) dan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ). Adapun uji coba tersebut dilaksanakan selama dua minggu lamanya.

Adapun ketentuan pertama adalah bus beroperasi pada pukul 06.00 sampai 09.00 WIB dan 18.00 sampai 21.00 WIB dan waktu antarbus atau headway rute ke Bandara Soetta selama uji coba adalah 20 menit. Lalu, ketentuan terakhir adalah Transjakarta mewajibkan pengguna layanan ini untuk mengisi survei yang disediakan.

“Tujuannya (survei) apa? Tujuannya untuk mengetahui dari mana mereka datang, bekerja dari daerah mana, tingkat penghasilannya berapa, dan apa yang sebelumnya mereka gunakan,” kata Joseph saat dikonfirmasi dikutip TeropongNews, Kamis (20/7/2023).

Kemudian, dari hasil survei tersebut, Joseph, menuturkan pihaknya telah mengetahui bahwa banyak pengguna layanan Transjakarta yang menuju bandara, seperti wilayah Lebak Bulus dan Bekasi.

“Ternyata mereka menggunakan jaringan Transjakarta yang besar menuju Kalideres baru dari Kalideres menuju ke bandara. Artinya ini bukan hanya melayani orang-orang di kawasan Kalideres saja yang mau ke bandara,” tambah Joseph.

Lebih lanjut, dari sisi penghasilan, para pengguna layanan memiliki penghasilannya di bawah Rp5 juta per bulan. Ketiga, mereka menggunakan sepeda motor ke bandara sebelum Transjakarta meluncurkan rute ini.

Terakhir, tujuan pemberhentian mereka tersebar, mulai dari kawasan kargo, kawasan kuliner, maupun di kawasan perkantoran pergudangan di Bandara Soetta. Selama dua pekan ini, Transjakarta mengklaim berhasil melayani 10.000 orang dengan rata-rata hariannya, mereka dapat melayani 700 penumpang.

“Paling ramai kalau sekarang jam 6 pagi sampai jam 8. Jadi dari 700 orang itu yang 400nya pagi, 300nya sore,” ujar Joseph.

Dengan demikian, Joseph menjelaskan bahwa pihaknya menemukan perkantoran di bandara yang masuk kerja pukul 06.00 WIB. Lantas, untuk uji coba tahap kedua yang akan dilaksanakan selama dua pekan ini, pihaknya akan mengubah jam operasional.

“Kami meminta persetujuan dan diinstruksikan oleh Dishub maupun BPTJ untuk dimajukan ke jam 5 pagi tapi siangnya kita mundurin. Yang tadinya sampai jam 9, ternyata sampai jam setengah 9 itu sebetulnya sudah selesai. Sore hari demikian juga. Ternyata banyak orang-orang yang kita perkirakan itu bubarnya ramainya jam 6 sore, ternyata mereka tuh selesai shift-nya itu jam 4 (sore),” jelas Joseph.

“Jadi mereka minta untuk dimajuin jam 4 dong dimulai perjalanan menuju ke Kalideresnya dari bandara. Akhirnya kemarin diinstruksikan juga kepada kami jam 4 sore sudah mulai melayani sampai malam itu jam 8 malam. Jadi selesainya juga lebih cepat karena kita lihat ternyata di sana jam 9 malam bandara sudah sepi banget, sepi dari pekerja ya,” sambungnya.

Tak hanya itu, Joseph kembali mengungkapkan, ia juga menemukan bahwa adanya karyawan yang selesai bekerja pukul 12.00 WIB. ia pun berencana mengusulkan pengoperasian bus di jam tersebut.

“Sebetulnya ada satu segmen lagi, yaitu segmen setengah hari, yang bubarannya kerjanya jam 12 sampai jam 1 siang. Itu yang masih belum ter-cover dengan layanan ini. Mungkin periode evaluasi selanjutnya akan kita usulkan,” kata Joseph.

Berikut rute lengkap Transjakarta Kalideres – Perkantoran Bandara Soekarno-Hatta:

Kalideres 1 – Pospol Daan Mogot Baru – Jln. Bedegul – SMAN 84 – Simpang Jln. Peta Selatan – Sekolah Kairos Gracia – Jln. Citra Garden VII – Jln. Alam Raya – Jln. Rawa Lele – Jln. Husein Sastranegara – Gerbang SHIA 1 – Sbr. Sowan Wisata Belanja – Jln. Cengkareng Golf Club 1 – Soewarna Foodhall 1 – Jln. Cengkareng Golf Club 3 – Terminal Kargo 1 – Terminal Kargo 2 – Perkantoran Soekarno-Hatta.

Rute Trasjakarta Perkantoran Soekarno-Hatta – Kalideres:
Perkantoran Soekarno-Hatta – Stasiun KA Bandara – Imigrasi – Bundaran Kargo – Simpang Rawa Kompeni Raya Prancis – Jln. Peta Barat – Masjid Jami’ Almarhumah – Sbr. Jln. Alam Raya – Jln. Citra Garden VII – Jln. Peta Utara – Simpang Jln. Peta Selatan – SMK Jakarta 1 – Ps. Hari Hari Kalideres – Sbr. RS Mitra Keluarga Kalideres – Sbr. Heinz Abc Kalideres – Sbr. Gg. Bali III Kalideres – Komplek Polri Kalideres – Kalideres 1.

358_PENGUMUMAN-HASIL-PENELITIAN-ADMINISTRASI_PPD