Berita

Pemkot Bandung Akan Kembali Gelar Anugerah Budaya

×

Pemkot Bandung Akan Kembali Gelar Anugerah Budaya

Sebarkan artikel ini
Sekretaris Disbudpar Kota Bandung, Nuzrul Irwan Irawan. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, BANDUNG – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung terus konsisten mengapresiasi seniman, dan budayawan yang telah berkiprah di Kota Bandung.

Tahun ini, melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung akan kembali akan menggelar Anugerah Budaya pada Agustus mendatang.

Sekretaris Disbudpar Kota Bandung, Nuzrul Irwan Irawan mengatakan, Anugerah Budaya tersebut merupakan agenda tahunan yang dilaksanakan Disbudpar, sebagai wujud apresiasi kepada para seniman dan budayawan yang telah mengharumkan nama Kota Bandung melalui karya dan prestasinya.

“Anugerah Budaya ini telah berlangsung sejak tahun 2006 hingga sekarang. Sebanyak 183 orang seniman budayawan sudah mendapatkan penghargaan anugerah budaya dari Pemkot Bandung,” katanya kepada wartawan, di Bandung, Senin (24/7/2023).

Penghargaan akan diberikan kepada 10 orang, yang dinilai telah mengharumkan nama Kota Bandung melalui karya dan prestasinya.

5184
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

“Saat ini telah dilaksanakan beberapa tahapan mulai persiapan, penjaringan, dibentuk tim juri, yang terpilih menjadi 10 langsung memberikan penghargaan,” ujarnya.

Tahapan kegiatan diawali dengan seleksi para calon penerima anugerah budaya Kota Bandung tahun 2022, dipilih 10 (sepuluh) orang.

Adapun dewan juri atau tim penilai berjumlah 5 (lima) orang, yang terdiri dari berbagai unsur dan yang berkompeten pada bidangnya masing masing diantaranya unsur akademisi, budayawan dan seniman.

Para seniman dan budayawan tersebut, menurut Irwan, merupakan seniman dan budayawan yang telah berkiprah lebih dari 10 tahun secara berturut-turut, dengan berbagai kategori mulai dari sastra, seni musik, dokumentator budaya sunda hingga seni rupa.

Anugerah Budaya 2023 Kota Bandung akan mengusung tema “Budaya sebagai Martabat Kota”.

“Maknanya Kota Bandung selalu menjadi barometer. Budaya ini harus menjadi martanat kota yang berwibawa, lambang supremasi dan lambang reputasi bagi penerimanya,” ujar dia.

Sementara itu, salah satu juri, Etti SR berharap, dengan konsistennya Kota Bandung dalam mengapresiasi para seniman dan budayawan, maka akan menjadi semangat mereka, dalam berkarya dan mengukuhkan Bandung sebagai kota budaya.

“Ke depan kita berharap bermunculan seniman dan budayawan ternama dari Kota Bandung, dan membawa nama harum ke tingkat internasional,” harap dia.