Berita

Kalsel EXPO 2023 Akan Kembali Digelar

×

Kalsel EXPO 2023 Akan Kembali Digelar

Sebarkan artikel ini
Kepala Disdag Provinsi Kalsel, Birhasani. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, BANJARMASIN – Dalam rangka memperingati Hari Jadi (Harjad) ke-73 Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) sekaligus memperingati HUT ke-78 RI, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalsel kembali mengadakan Kalsel EXPO 2023, dengan menggandeng para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Kepala Disdag Provinsi Kalsel, Birhasani mengatakan, kegiatan bertujuan untuk membangun dan menjalin kerjasama mitra bisnis, agar UMKM di Kalsel lebih berkembang.

“Saat ini tahapan yang dilakukan menjelang pelaksanaan Kalsel EXPO 2023, setelah terpilih Event Organizer (EO), yaitu pendaftaran peserta, biasanya diikuti oleh unsur Pemerintah Pusat, seperti Kementerian, Lembaga, Pemerintah Provinsi dan Kabupaten dan kota se-Indonesia, BUMN, BUMD, perusahaan swasta dan UMKM. Mengingat ajang pameran berskala nasional, bahkan dapat menuju skala Internasional, karena diikuti peserta salah satunya dari Belanda,” kata Birhasani kepada wartawan, di Banjarmasin, Senin (31/7/2023).

Menurut Birhasani, para pelaku UMKM hendaklah menjalin mitra bisnis, karena bertemu dengan pengusaha dari luar daerah. Sehingga, dapat membuka akses pasar nasional dari produk asli Kalsel.

“Dengan terjalin mitra bisnis, tentu semakin meningkatkan pertumbuhan perekonomian secara menyeluruh,” jelas Birhasani.

5191
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Birhasani menambahkan, untuk stan dalam Kalsel EXPO 2023 ini akan disediakan sebanyak 250 buah, terdiri dari indoor dan outdoor dengan harga bervariasi, yakni untuk Indoor, di dalam ruangan ber-AC satu buah stannya sebesar Rp17.500.000,00 kemudian untuk outdoor dari ukuran 5×5 Rp 11 juta, kemudian ukuran 3×3 Rp 7 juta dan stan karnaval Rp 5 juta. Diperbolehkan dua sampai tiga kelompok UMKM yang menempati satu stan tersebut.

“Saat ini bisa segera melakukan pendaftaran, agar memudahkan dalam memilih stan baik indoor atau outdoor,” ucap Birhasani.

Untuk diketahui, Kalsel EXPO 2023 akan digelar selama lima hari, mulai 30 Agustus-3 September bertempat di Lapangan Murjani Kota Banjarbaru.