BeritaDaerah

Jelang HUT RI Ke-78, Calon Paskibraka Pertama di Papua Barat Daya Mulai Jalani Latihan

×

Jelang HUT RI Ke-78, Calon Paskibraka Pertama di Papua Barat Daya Mulai Jalani Latihan

Sebarkan artikel ini
Pj. Sekda Papua Barat Daya Edison Siagian saat menyalami peserta Paskibraka Papua Barat Daya. (Foto:Mega/TN)

TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Sebanyak 36 calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Provinsi Papua Barart Daya mulai jalani latihan, yang dipusatkan di Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Sorong.

36 orang calon Paskibraka tersebut merupakan hasil penjaringan dari beberapa sekolah tingkat SMA dan SMK yang ada di 5 kabupaten dan 1 Kota di Papua Barat Daya.

Penjabat (Pj) Gubernur Papua Barat Daya, Muhammad Musa’ad yang diwakili oleh Pj. Sekda Papua Barat Daya Edison Siagian mengatakan, bahwa peserta Paskibraka kali ini merupakan Paskibraka pertama yang akan mengibarkan bendera di HUT Kemerdekaan RI ke-78 di Papua Barat Daya.

”Kalian semua adalah orang-orang pertama yang akan mengibarkan bendera di HUT Kemerdekaan 17 Agustus 2023 di Papua Barat Daya. Kalian harus berbangga sudah dipilih,”ujarnya pada pembukaan pemusatan pendidikan dan pelatihan Paskibraka di gedung BPVP Kota Sorong, Senin (24/7/2023).

Edison menyarankan agar peserta Paskibraka senantiasa menjaga kesehatan selama menjalani latihan, dan mengurangi aktivitas-aktivitas yang tidak penting, sehingga pada saat prosesi penaikan dan penurunan bendera tidak ada kendala sedikit pun.

”Saya menyarankan agar peserta menjaga kesehatan, karena Instruktur ataupun pelatih akan memberikan latihan yang cukup berat sehingga makan, istirahat atau kegiatan tidak penting dalam 24 hari ini ke depan ini harus diperhatikan,”sarannya.

Sementara itu Asisten III Bidang Administrasi Umum Setda Papua Barat Daya Atika Rafika dalam dalam laporannya menyebutkan bahwa peserta Paskibraka ini terdiri dari 18 putri dan 18 putra terbaik.

Dengan rincian kabupaten Sorong 3 putri dan 3 putra, kabupaten Sorong Selatan 3 putri dan 3 putra, kabupaten Tambrauw 3 putri dan 3 putra, kabupaten Maybrat 3 putri dan 3 putra, kabupaten Raja Ampat 3 putri dan 3 putra, Kota Sorong 3 putri dan 3 putra.

“Pelatihan dilaksanakan mulai tanggal 23 Juli 2023, yang berpusat di asrama BPVP dan dilatih oleh TNI selama 24 hari ke depan,”pungkasnya.