Berita

DPRD Kota Bandung Sampaikan Pandangan Umum Sikapi Lima Buah Ranperda

×

DPRD Kota Bandung Sampaikan Pandangan Umum Sikapi Lima Buah Ranperda

Sebarkan artikel ini
Pandangan Umum Fraksi tersebut disampaikan pada Rapat Paripurna ke-4 Masa Persidangan III Tahun Sidang ke-IV 2022-2023, yang berlangsung di ruang rapat paripurna DPRD Kota Bandung, Senin (3/7/2023). Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, BANDUNG – Seluruh fraksi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bandung menyampaikan pandangan umum fraksi-fraksi terhadap lima Rancangan Peraturan Daerah (Raperda).

Kelima Raperda tersebut adalah :

  1. Raperda tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah
  2. Raperda tentang Pelayanan Bidang Pangan, Pertanian dan Perikanan di kota Bandung
  3. Raperda tentang Penyelenggaraan Perhubungan
  4. Raperda tentang Pedoman Pengembangan, Penataan dan Pembinaan Pusat Pembelanjaan dan Toko Swalayan
  5. Raperda tentang Pertanggungjawaban Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2022.

Pandangan Umum Fraksi tersebut disampaikan pada Rapat Paripurna ke-4 Masa Persidangan III Tahun Sidang ke-IV 2022-2023, yang berlangsung di ruang rapat paripurna DPRD Kota Bandung, Senin (3/7/2023).

Ketua DPRD Kota Bandung, Tedy Rusmawan mengatakan, pihaknya akan membentuk empat Panitia Khusus (Pansus), untuk membahas 4 Raperda dimaksud.

Sedangkan, Raperda tentang Pertanggungjawaban Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2022, akan dibahas oleh Badan Anggaran DPRD.

5164
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

“Selanjutnya Badan Anggaran DPRD Kota Bandung akan membahas Raperda PjP APBD Tahun Anggaran 2022, dan sementara 4 Raperda akan dibentuk 4 Pansus,” katanya.

Sementara itu, Pelaksana Harian Wali Kota Bandung, Ema Sumarna menyampaikan ucapan terima kasih, atas pandangan umum fraksi atas lima Raperda yang telah diajukan.

Ia meminta kepada seluruh OPD terkait, untuk mencatat berbagai usulan dan masukan yang diberikan oleh DPRD, dalam penyusunan Raperda tersebut.

“Kita telah mendengarkan pandangan umum fraksi terhadap 5 Raperda yang kita sampaikan. Saya minta didengarkan dan dicatat dengan baik, terhadap apa yang menjadi catatan kritis DPRD terhadap Raperda yang telah kita ajukan,” kata Ema.

Sebelumnya, Plh Wali Kota Bandung, Ema Sumarna telah menyampaikan Nota penjelasan Wali Kota terkait lima Raperda tersebut pada Sidang Paripurna, Selasa (27/6/2023) lalu.

Nota penjelasan tersebut ditindaklanjuti melalui pandangan umum fraksi-fraksi terhadap lima Raperda yang diajukan.

Selanjutnya, Plh Wali Kota Bandung akan menyampaikan Jawaban Wali Kota atas Pandangan Fraksi akan dilaksanakan pada Rapat Paripurna hari ini.