Pemerintahan

Hari Lahir Pancasila, Pj. Walikota Sorong Ajak Masyarakat Perkuat Toleransi

×

Hari Lahir Pancasila, Pj. Walikota Sorong Ajak Masyarakat Perkuat Toleransi

Sebarkan artikel ini
Peringatan Hari Lahir Pancasila 2023 di halaman kantor Walikota Sorong.

TEROPONGNEWS.COM, SORONG – Pemerintah Kota (Pemkot) Sorong menggelar upacara bendera memperingati Hari Lahir Pancasila, Kamis (1/6/2023).

Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila itu digelar di halaman kantor Walikota Sorong dan diikuti oleh kepala OPD Kota Sorong dan ASN di lingkup pemkot Sorong.

Peringatan Hari lahir pancasila 1 juni 2023 mengangkat tema nasional, yakni “mari kita ber gotong royong membangun peradaban dan pertumbuhan global”.

Dalam sambutannya, Penjabat (Pj.) Walikota Sorong George Yarangga yang bertindak sebagai inpektur upacara menyampaikan bahwa Pancasila hingga saat ini, tetap relevan di tengah dinamika.

“Prinsip-prinsip pancasila perlu kita jaga dalam seluruh aktivitas negara di tengah padatnya kegiatan dalam melaksanakan tugas, mari kita sejenak berefleksi dan memahami filosofi yang menjadi nyawa negara indonesia, ” ujar Yarangga.

5189
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Pada kesempatan tersebut, Yarangga menyebutkan pancasila mengandung 5 (lima) nilai universal dasar, yakni

  1. Ketuhanan, dalam menyusun dan melaksanakan kebijakan, kita harus melihat dari aspek spiritualitas yang selaras dengan budaya bangsa indonesia termasuk di dalamnya adalah tanah Papua dan khususnya merupakan salah satu daerah yang memiliki penduduk yang sangat heterogen, sehingga tentunya memberikan sikap toleransi kepada seluruh masyarakat untuk menjalankan iman dan kepercayaanya masing-masing dengan memberikan sikap penghargaan yang sepenuhnya.
  2. Kemanusiaan, kita harus mengangkat derajat manusia dan mengutamakan harkat martabat manusia dalam kebijakan dan pelaksanaan program program pemerintahan. dalam hal ini, pemerintah kota Sorong telah membuka akses pelayanan dari berbagai aspek sebesar-besarnya agar masyarakat bisa mendapatkan pelayanan terbaik, termasuk bagi masyarakat tidak mampu melalui berbagai bentuk kebijakan dan bantuan sosial, terutama bagi mereka orang asli Papua yang terus diberdayakan untuk kesejahteraan sosial.
  3. Kebinekaan, Indonesia mencakup seluruh pulau dan suku bangsa, perlu melihat kemajemukan tersebut sebagai satu kesatuan kota Sorong merupakan salah satu daerah yang sangat beragam penduduknya, namun selalu terjalin persatuan dan kesatuan dengan terus memberikan warna baik melalui kreatifitas budaya, serta keanekaragamanan kehidupan sosialnya yang selalu terjalin dalam kebhinekaan
  4. Demokrasi, setiap masyarakat di kota Sorong diberikan hak untuk mampu berinteraksi, bersuara, dan berpendapat untuk memberikan solusi dalam prospek pembangunan ke depanya pemerintah kota Sorong pada prinsipnya memberikan ruang terbuka bagi masyarakat untuk memberikan masukan masukan dalam kemajuan bersama.
  5. Keadilan Sosial, kita sebagai pemerintah harus memperlakukan siapa pun secara setara, tanpa pandang bulu, termasuk memastikan kesejahteraan sosial masyarakat. pertumbuhan perekonomian serta positif memberikan keadilan bagi masyarakat dalam mendapat perhatian pemerintah dalam hal apapun.

Melalui momen peringatan hari lahir pancasila ini, Yarangga mengajak seluruh masyarakat untuk tetap menjaga nilai-nilai pancasila yaitu dengan memegang teguh tata krama dan norma, serta diselaraskan dengan budaya dan ciri khas sebagai orang Papua, untuk terus terjalin aman, tertib dan damai, baik dalam menjaga sikap toleransi antara umat beragama, antar suku dan ras, yang telah ditinggalkan oleh para pendahulu.

“Nilai-nilai yang telah ditanamkan perlu kita jaga dengan baik dan kita lestarikan untuk generasi emas Papua ke depanya,” ucapnya.