Berita

Bulog Bandung Pastikan Stok Beras Aman Hingga Akhir Tahun

×

Bulog Bandung Pastikan Stok Beras Aman Hingga Akhir Tahun

Sebarkan artikel ini
Aktivitas penyaluran beras, di gudang Bulog Gedebage. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, BANDUNG – Perum Bulog Cabang Bandung memastikan, jika stok beras di Kota Bandung aman hingga akhir tahun. Saat ini memiliki cadangan beras hingga 2.900 ton. Dengan begitu, BUMN pangan ini memastikan stok, dan harga terjaga menghadapi ancaman El Nino.

“Stok beras di Kota Bandung terhitung aman tergantung kebutuhan. Saat ini ada kegiatan penyaluran bantuan pangan yang diprakarsai Badan Pangan Nasional, pagunya 1000 ton. Kalau itu berjalan, stok kita bisa bertahan hingga 3 bulan ke depan. Namun jika tidak berlanjut, maka stok yang ada di gudang Bulog Gedebage bisa sampai akhir tahun,” kata Kepala Bulog Cabang Bandung, Erwin Budiana kepada wartawan, di Bandung, Kamis (22/6/2023).

Ia mengatakan, apabila terjadi peningkatan permintaan beras, maka pihaknya akan menyuplai beras dari gudang lain, untuk memenuhi kebutuhan.

“Kalaupun kebutuhan meningkat, maka tidak menutup kemungkinan kita suplai dari gudang lain, seperti Paseh Sumedang dan Cimindi. Stok beras sampai saat ini sangat aman,” ujarnya.

Dalam menghadapi El Nino, Erwin mengatakan, Bulog telah mengantisipasi dengan menyerap beras petani sebanyak 80 hingga 90 persen pada semester pertama tahun 2023.

5180
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

“Kami telah mengantisipasi dengan melakukan penyerapan gabah petani sejak awal tahun. Kami cuti start di awal tahun semester satu, lebih banyak dari tahun lalu,” ungkapnya.

“Kami target penyerapan beras di semester pertama, sebanyak 80-90 persen. Sisanya di semester kedua. Kita pastikan stok beras kita aman,” imbuhnya.

Sedangkan menjelang Idul Adha, Bulog juga akan ikut dalam gelar pangan murah yang diprakarsai Pemkot Bandung, serta Badan Pangan Nasional.

Bulog menyiapkan beras medium Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) sebanyak 1,5 ton beras, dengan harga Rp 45.000 per lima kilogram.

“Kita akan terjun langsung menjual berbagai komoditas, dan beras SPHP dengan harga murah, dalam rangka menghadapi Idul Adha,” ujarnya.