Pendidikan

Anggota Komisi X DPR RI Salurkan Aspirasi PIP Untuk 41.930 Siswa di Papua Barat Daya

×

Anggota Komisi X DPR RI Salurkan Aspirasi PIP Untuk 41.930 Siswa di Papua Barat Daya

Sebarkan artikel ini
Anggota Komisi X DPR RI, Robert Kardinal saat menyerahkan bantuan PIP secara simbolis kepada siswa SD di Kota Sorong, Papua Barat Daya. (Foto:Mega/TN)

TEROPONGNEWS.COM, SORONG – Anggota Komisi X DPR RI, Robert Joppye Kardinal menyalurkan bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) dari Kemendikbudristek RI di SMK Negeri 1 Kota Sorong, Papua Barat Daya, Jumat (16/6/2023).

Kegiatan tersebut dihadiri siswa SD, SMP, dan SMK, wali murid, guru, kepala sekolah, dan anggota DPR Kota Sorong.

Bantuan PIP ini merupakan jalur aspirasi Robert Kardinal kepada peserta didik di Provinsi Papua Barat Daya. Beasiswa PIP diberikan pelajar terpilih untuk seluruh jenjang mulai SD, SMP, hingga SMA dan SMK.

Di SMK Negeri 1 Kota Sorong sendiri, beasiswa PIP aspirasi tersebut diberikan kepada 800 siswa.

Anggota DPR RI RI, Robert Kardinal berharap dengan bantuan yang diberikan dapat membantu orang tua dan siswa seperti membeli perlengkapan sekolah, uang saku, dan biaya transportasi.

5214
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

“Adapun total periman bantuan PIP berjumlah 41.930 oang mulai dari SD, SMP, SMA/SMK. Jumlah tahun ini meningkat, karena tahun-tahun sebelumnya bermasalah di NIK dan Dapodik, ” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan Robert, di tahun 2023 realisasi program PIP hampir mencapai 100 persen. Di mana dari jumlah 42.000 yang diperjuangkan, yang terealisasi sebanyak 41.930 orang.

“Selain itu perjuangan kami di Komisi X adalah peningkatan mutu terhadap guru. Makanya selama 3 hari berturut-turut di Sorong kami bersama Kemendikbudristek menggelar workshop dan FGD kepada guru, guna memberikan pemahaman terkait penerapan kurikulum Merdeka belajar,” Jelasnya.

Sementara itu, salah satu orang tua murid penerima bantuan PIP, Wilem Waromi merasa bersyukur, dengan adanya PIP tersebut karena dapat meringankan beban orang tua.

“Saya merasa senang, karena anak saya yang bersekolah di SMK 1 Sorong ini menerima bantuan PIP. Kalau bisa bantuan ini berkelanjutan terus, ” pungkasnya.

Bantuan PIP tersebut langsung diterima pada siswa melalui rekening masing-masing dan tidak melalui dinas. Adapun Nilai bantuan untuk jenjang SD sebesar Rp450 ribu, SMP Rp750 ribu, dan SMA/SMK Rp1 juta.