BeritaDaerahPemerintahanPendidikan

Tiba di Waisai Raja Ampat, Prof. Drs. Owin Jamasy Jamaladdin Disambut Tarian Adat Papua

×

Tiba di Waisai Raja Ampat, Prof. Drs. Owin Jamasy Jamaladdin Disambut Tarian Adat Papua

Sebarkan artikel ini
Prosesi Foto bersama Prof Drs Owin Jamasy Jamaluddin,M.Hum.,MM.,Ph.D seusai prosesi penjemputan secara adat di Sekretariat LBH CCI Raja Ampat, Selasa (23/4/2024), Foto IST/TN

TEROPONGNEWS.COM, WAISAI – LBH Cendrawasih Celebes Indonesia (CCI) bekerja sama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Raja Ampat, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda, Kepala Kampung, dan masyarakat menggelar kegiatan Workshop Stakeholders dan Penyuluhan Hukum

Kegiatan yang direncanakan berlangsung pada hari Rabu 24 April 2024 dihadiri Ditjen Bina Pembangunan Daerah Kemendagri, Prof. Drs. Owin Jamasy Jamaladdin, M.Hum,. MM, Ph.D sekaligus menjadi pemari utama dalam kegiatan workshop stakeholder yang digelar LBH CCI di Raja Ampat.

Sebelumnya pada Selasa 23 April 2024 sekitar pukul 11:00 WIT, Prof. Drs. Owin Jamasy Jamaladdin, M.Hum,. MM, Ph.D tiba di Waisai Raja Ampat disambut Tarian Adat Papua.

Pengamat Pembangunan SDM dan Pakar Pemberdayaan Masyarakat Kementerian Dalam Negeri Prof. Drs. Owin Jamasy Jamaladdin mengatakan misi utama LBH CCI pada kegiatan workshop stakeholder merupakan bukti kongkret pembangunan manusia di seluruh Indonesia dari pusat hingga daerah pelosok tanah Papua termasuk Raja Ampat.

Ditjen Bina Pembangunan Daerah Kemendagri Prof. Drs. Owin Jamasy Jamaladdin mengungkapkan kegiatan tersebut menjadi cikal-bakal bahwa LBH CCI, Kemendagri dan Pemerintah Daerah Kabupaten Raja Ampat akan diskusi mengenai bagaimana membangkitkan keparalegalan dan bagaimana berkolaborasi dengan stakeholder.

Workshop stakeholder juga diharapkan bagaimana merancang strategi ke depan di Raja Ampat untuk bagaimana membangkitkan kembali pola penegakan hukum yang sama sederajatnya dengan Kota dan Kabupaten lain di Indonesia.

Prof. Drs. Owin Jamasy Jamaladdin, M.Hum,. MM,. Ph.D sebagai narasumber utama pada workshop stakeholder mengatakan walaupun di Kabupaten Raja Ampat yang masih kental dengan Hukum Adat namun secara kasat mata LBH merupakan Lembaga Bantuan Hukum yang sifatnya lebih ke Advokasi, tetapi naluri seorang penggiat hukum itu mengedepankan hal-hal yang berkaitan dengan mengedepankan kearifan lokal.

Sementara itu, Direktur CCI Adv. Rusdi, SH, CFLE menjelaskan kehadiran LBH CCI di Raja Ampat dalam bentuk kegiatan workshop stakeholder bersama Pemerintah Daerah Kabupaten Raja Ampat guna memberikan penyuluhan hukum kepada masyarakat supaya pencegahan tindak kriminal yang terjadi di tengah masyarakat.

Setelah menjadi narasumber utama pada workshop stakeholder dan Penyuluhan Hukum di Raja Ampat, Prof Drs Owin Jamasy Jamaluddin,M.Hum.,MM.,Ph.D melakukan Perjalanan Dinas ke Luar Negeri, diantaranya : Cina, Turki, dan Irak.

358_PENGUMUMAN-HASIL-PENELITIAN-ADMINISTRASI_PPD