Berita

PDIP Daftarkan 580 Bacaleg DPR RI ke KPU, Mencakup 380 Politisi Perempuan

×

PDIP Daftarkan 580 Bacaleg DPR RI ke KPU, Mencakup 380 Politisi Perempuan

Sebarkan artikel ini
Sekjen PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto menyampaikan konferensi pers usai mendaftarkan 580 bacaleg untuk DPR RI di Gedung KPU RI, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Kamis (11/5/2023). (foto: Morteza Syariati Albanna).

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto mengatakan partai banteng moncong putih telah menyerahkan daftar nama 580 bakal calon anggota (bacaleg) DPR RI untuk Pemilu 2024 ke KPU RI dengan komposisi 330 politisi dari kalangan perempuan.

“380 caleg perempuan atau 33%,” kata Hasto dalam konferensi pers di Gedung KPU RI, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (11/5/2023).

Lebih lanjut Hasto menjelaskan, dari 580 caleg yang namanya telah disetor ke KPU, sebagian besar merupakan petahana anggota DPR RI.

“Itu ada 128, semuanya dilakukan evaluasi dan juga sebagian besar dicalonkan kembali, kecuali ada penugasan lain,” ucapnya.

Hasto menerangkan, untuk meningkatkan kualitas anggota DPR RI 2024-2029, maka PDIP merekrut caleg dari kalangan akademisi berjumlah 73 orang. Sementara dari unsur TNI-Polri purnawirawan ada 17 orang.

“Budayawan, seniman, dan artis 14 orang dan caleg yang sebagian besar di antaranya adalah kader partai,” tutur dia.

Dia memastikan para bacaleg dari PDIP ini sudah lulus pendidikan politik dan kaderisasi secara berjenjang.

“Termasuk kepala daerah yang sudah menyelesaikan tugas dan tanggung jawabnya, itu juga dicalonkan menjadi bakal calon, seperti dari Ngawi ada Pak Budi Sulistiono, itu yang dicalonkan,” kata Hasto Kristiyanto.

Hingga Rabu (10/5/2023) sudah ada dua partai yang mendaftarkan bacalegnya ke KPU RI, yakni Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Hanura.

Rencananya pada Kamis ini selain PDIP, Partai NasDem, Partai Garuda, dan Partai Ummat akan mendaftarkan bacaleg ke KPU RI hari ini. KPU akan menutup pendaftaran bacaleg DPR RI pada Minggu (14/5/2023) pukul 23.59 WIB.

358_PENGUMUMAN-HASIL-PENELITIAN-ADMINISTRASI_PPD