Berita

Koperasi Iska Bekai Tepis Tudingan Miring Soal Pembangunan Kebun Plasma

×

Koperasi Iska Bekai Tepis Tudingan Miring Soal Pembangunan Kebun Plasma

Sebarkan artikel ini
Pelaksanaan stakeholders metting.Foto-Dok/TN

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Koperasi Iska Bekai membantah pemberitaan miring terkait rencana pembangunan kebun plasma (kebun masyarakat) di lahan PT. Dongin Prabhawa (PT. DP) yang merupakan bagian dari Tunas Sawa Erma (TSE) Group.

Berdasarkan surat pernyataan yang dikeluarkan oleh pihak koperasi bertanggal 30 Mei 2023, Koperasi Iska Bekai menegaskan bahwa pihaknya telah menjelaskan rencana pembangunan kebun masyarakat di acara stakeholders meeting yang berlangsung di Merauke dan dihadiri oleh berbagai pemangku kepentingan pada tanggal 14 Februari 2023 silam.

“Koperasi Iska Bekai, telah mencapai kesepakatan dengan para pemangku kepentingan untuk mengelola sendiri lahan untuk pembangunan kebun plasma,” ujar Abraham E. Yolmen, Ketua Koperasi Iska Bekai menjelaskan hasil kesepakatan yang dihasilkan dalam rapat pemangku kepentingan lalu.

Beberapa pihak yang hadir pada stakeholders meeting tersebut antara lain Bupati Merauke, Ketua DPRD Kab. Merauke, Dinas Lingkungan Hidup, Bappeda Kab. Merauke, Komisi Keadilan dan Perdamaian Keuskupan Agung Merauke, Lembaga Masyarakat Adat (LMA) Merauke dan berbagai instansi terkait lainnya, termasuk media di Merauke.

Koperasi Iska Bekai yang didirikan berdasarkan Akta Pendirian Koperasi Nomor 31, tanggal 13 Februari 2016, beralamat di Kampung Nakias Distrik Ngguti Kabupaten Merauke merupakan pihak yang memiliki otoritas dalam mengelola pembangunan kebun masyarakat (kebun plasma) di lahan PT. Dongin Prabhawa.

Oleh karena itu, Abraham E. Yolmen meminta dukungan dan bantuan dari semua pihak agar proses realisasi pembangunan kebun plasma ini dapat terlaksana dengan baik dan kepada pihak-pihak yang tidak memiliki kepentingan untuk segera menghentikan praktik-praktik penyebarluasan informasi yang menyesatkan.

“Keputusan dalam pengelolaan pembangunan plasma secara mandiri adalah mutlak dimiliki oleh Koperasi Iska Bekai,” tegas Abraham E. Yomen menutup penjelasan yang disampaikannya dalam rilis, Selasa (5/2023).

358_PENGUMUMAN-HASIL-PENELITIAN-ADMINISTRASI_PPD