Berita

Pemprov DKI Jakarta dan Polda Metro Jaya Lakukan Uji Coba Rekayasa Lalin di Simpang Santa

×

Pemprov DKI Jakarta dan Polda Metro Jaya Lakukan Uji Coba Rekayasa Lalin di Simpang Santa

Sebarkan artikel ini
Pemprov DKI Jakarta bersama Polda Metro Jaya saat melihat uji coba rekayasa lalu lintas (lalin) kawasan pertigaan lampu merah Santa, Jakarta Selatan, Jumat (14/4/2023). (Foto : ppid.jakarta.go.id).

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Sebagai penghubung Jalan Wijaya dan Jalan Wolter Monginsidi ke arah Jalan Kapten Tendean, telah diberlakukan rekayasa untuk memperlancar lalu lintas diarea tersebut.

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono bersama Kapolda Metro Jaya Irjen Pol. Karyoto melihat uji coba rekayasa lalu lintas (lalin) kawasan pertigaan lampu merah Santa, Jakarta Selatan, Jumat (14/4/2023).

Dalam hal ini, Heru mengatakan telah berkoordinasi dengan Polda Metro Jaya, terkait potensi penerapan rekayasa lalin di kawasan lainnya.

“Kita sudah melihat rekayasa lalin hari ini di satu titik (simpang lampu merah Santa), dan saya sudah melaporkan kepada Kapolda Metro Jaya agar melakukan peninjauan di berbagai kawasan yang sering menjadi titik kepadatan lalin. Rekayasa lalin bisa saja diterapkan di lokasi lainnya,” ujar Heru dalam keterangan resmi dikutip TeropongNews, Jumat (14/4/2023).

Untuk itu, Heru pun mengapresiasi pihak Polda Metro Jaya atas kerja sama yang telah terbangun bersama Pemprov DKI, soal analisis untuk mengurai titik kemacetan di Jakarta. Kemudian dirinya juga meminta Kapolda Metro Jaya untuk memberikan arahan kepada setiap Polres, jika perlu mencari di berbagai titik kemacetan agar dicarikan solusinya.

“Di sini (akan dilakukan rekayasa) secara bertahap, (semoga) bisa mengurai kemacetan. Terima kasih dan apresiasi kita ucapkan kepada Kapolda beserta jajarannya. Kita berharap setiap Polres di Jakarta bisa melihat potensi kepadatan seperti ini (pertigaan lampu merah Santa), walaupun jalan searah, tapi nanti muternya tidak kejauhan,” ungkap Heru lebih lanjut.

Selain itu, mantan Kepala Badan Pengelola Keuangan Aset Daerah DKI ini mendapatkan laporan dari Dirlantas Polda Metro Jaya dan Dishub, karena butuh waktu dua jam untuk melewati simpang lampu merah Santa dari arah Jalan Wijaya ke Jalan Walter Mongisidi.

“Tadi bagi yang masuk dari Jalan Kapten Tendean agak kurang nyaman, karena bertambah rute (Jalan Suryo). Tapi tadi pas kita hitung (durasi) lampu merahnya, mereka bisa mengurangi jarak tempuh dengan rekayasa yang kita lakukan. Karena ini masih uji coba, pengendara yang protes tidak bisa belok kanan langsung akan terbiasa. Ini semua demi kenyamanan semua pihak,” pungkas Heru.

Sebagai informasi, peninjauan uji coba rekayasa lalin di lampu merah Santa turut dihadiri oleh Kepala Dinas Perhubungan Syafrin Liputo, Wali Kota Jakarta Selatan Munjirin, serta Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol. Latif Usman.