Berita

Pemekaran Kabupaten Maybrat Sau Solusi Pencegahan Konflik

×

Pemekaran Kabupaten Maybrat Sau Solusi Pencegahan Konflik

Sebarkan artikel ini
tokoh intelektual anak Ayamaru sebelah danau, Joni Jitmau. (Foto:Mega/TN)

TEROPONGNEWS.COM, SORONG – Anak-anak Ayamaru sebelah danau memberikan dukungan penuh untuk pemekaran Daerah Otonomi Baru (DOB) Kabupaten Maybrat Sau.

Hal tersebut disampaikan oleh tokoh intelektual anak Ayamaru sebelah danau, Joni Jitmau usai melakukan pertemuan dengan para pemuda Ayamaru sebelah danau di salah satu hotel di Kota Sorong, Senin (24/4/2023).

Ia meyakini bahwa dengan hadirnya Maybrat Sau, secara otomatis dapat mencegah terjadinya konflik di wilayah Maybrat.

“Tadi dalam pembahasan, kami bersepakat untuk memberikan dukungan penuh untuk pemekaran Maybrat Sau. Karena kita ketahui bersama bahwa Maybrat ini kan sering terjadi konflik. Oleh karena itu, dengan hadirnya Maybrat Sau, kami meyakini bahwa Maybrat akan aman dan tidak akan ada pertikaian lagi, “ungkapnya.

Apalagi, kata Joni, di distrik Ayamaru jaya, Ayamaru Utara, dan Ayamaru Utara Timur sebentar lagi akan memekarkan tiga distrik.

5180
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

“Dengan jumlah penduduk 6.212 penduduk, walau kelihatannya tidak terlalu banyak tapi wilayah kami cukup luas. Untuk distrik yang saya sebutkan tadi bahwa jumlah distrik yang sekarang itu ada tiga, sedangkan sisa 3 yang mau dimekarkan lagi, yakni Yukase akan dimekarkan jadi satu distrik, kemudian di Mapura akan dimekarkan satu distrik lagi, dan Ayamaru Jaya dimekarkan menjadi satu distrik lagi. Dengan demikian kami akan menjadi enam distrik, “jelasnya.

Dengan begitu, sambungnya, distrik-distrik tersebut nantinya akan masuk di daerah bawahan Maybrat Sau.

“Ini kepentingan jangka panjang, kami pasti akan memperjuangkan Maybrat Utara ketika Aitinyo Raya menjadi Maybrat Selatan, Maybrat Sau menjadi Maybrat Barat, kemudian Maybrat yang sekarang menjadiMaybrat Timur, setelah itu kami menjadi Maybrat Utara,” terangnya.

Kendati kami baru memulai, ia bersama anak-anak Ayamaru sebelah danau terus memberikan dukungan penuh kepada kabupaten Maybrat Sau yang sudah ada di depan mata.

“Apalagi Maybrat Sau sudah diperjuangkan kurang lebih 15 tahun. Kami tahu karena orang-orang Ayamaru sebelah danau masuk dalam tim inti yang mengurus itu Maybrat Sau, ” pungkasnya.