Berita

Jumat Agung di Jakarta Aman, Humas Katedral: Terima Kasih Aparat Keamanan

×

Jumat Agung di Jakarta Aman, Humas Katedral: Terima Kasih Aparat Keamanan

Sebarkan artikel ini
Jemaat umat Katolik secara khusyuk mengikuti ibadah Jumat Agung di Gereja Katedral, Jakarta Pusat, Jumat (7/4/2023). (foto: Morteza Syariati Albanna/TN).

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Humas Gereja Katedral dan Keuskupan Agung Jakarta Susyana Suwadie menyampaikan ungkapan terima kasihnya kepada aparat gabungan TNI-Polri yang sudah mengamankan Hari Raya Jumat Agung.

Menurut dia, aparat keamanan selalu siap siaga berjaga mengamankan serta membantu para jemaat yang hendak beribadah tidak hanya di Hari Raya Jumat Agung saja, juga pada Hari Raya Natal dan Paskah, hingga kegiatan keagamaan lainnya.

“Tentu aparat keamanan selalu setia untuk mendukung sehingga umat bisa melaksanakan ibadah dengan lancar dan khusyuk. Kami ucapkan terima kasih banyak,” kata Susyana Suwadie saat ditemui wartawan di Gereja Katedral, Jakarta, Jumat (7/4/2023).

Selain itu, Susyana juga mengucapkan terima kasih kepada swadaya umat di bagian keamanan dan sekuriti yang setia berjaga dan membantu para jemaat di area lingkungan Gereja Katedral Jakarta.

“Membantu melakukan tata tertib dan juga dari sekuriti sekitar puluhan orang turut serta untuk melancarkan simulasi dari lalu lalang umat yang akan mencari tempat untuk beribadah,” katanya.

Di sisi lain, Susyana juga mengapresiasi para jemaat yang datang ke gereja dengan mengindahkan protokol kesehatan (prokes), utamanya menyoal penggunaan masker.

“Kami mengapresiasi kepada seluruh umat yang datang karena ternyata tanpa diingatkan hampir sebagian besar yang hadir di sini sudah menggunakan masker, hanya beberapa yang terlupa dan kami menyediakan masker cadangan,” kata dia.

Sebelumnya, Kapolsek Sawah Besar AKP Dhanar Dhono Vernandhie mengatakan pihaknya mengerahkan sedikitnya 110 personel gabungan guna mengamankan ibadah Hari Raya Jumat Agung di Gereja Katedral Jakarta.

“110 personel,” kata AKP Dhanar saat dihubungi wartawan di Jakarta, Jumat (7/4/2023).

Rencananya, personel kepolisian yang akan berjaga di Gereja Katedral hingga Minggu (9/4/2023) besok, masih berjumlah 110 personel.

“Untuk hari ini 110 personel, besok kita ajukan sama karena rangkaian kegiatannya sampai hari Minggu. Saya mengajukan kebutuhan persis sama seperti hari ini,” tuturnya.

Menurut dia, Jumat pagi tadi tim penjinak bom telah melakukan sterilisasi di sekitar Gereja Katedral, yang lokasinya berseberangan dengan Masjid Istiqlal itu.

“Sudah tadi pagi dari tim jibom dan K9 (anjing),” kata dia.

AKP Dhanar juga memastikan bahwa sterilisasi di Gereja Katedral akan dilakukan hingga Minggu.

“Ada. Setiap mulai kegiatan didahului dengan sterilisasi dulu,” kata dia.

358_PENGUMUMAN-HASIL-PENELITIAN-ADMINISTRASI_PPD