Berita

Jelang Mudik, Dishub Kalsel Lakukan Ramp Check Angkutan Umum

×

Jelang Mudik, Dishub Kalsel Lakukan Ramp Check Angkutan Umum

Sebarkan artikel ini
Petugas Dishub lakukan ramp check bus BRT Banjarbakula. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, BANJARMASIN – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Perhubungan (Dishub) melakukan ramp check persiapan mudik lebaran untuk kendaraan angkutan umum antar kabupaten/jota dalam provinsi, di Terminal Tipe B Banjarmasin, dan Bus BRT Banjarbakula di pool bus BRT Banjarmasin.

“Sesuai arahan Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor, maka kegiatan ini bertujuan memberikan keselamatan dan kenyamanan untuk pengguna angkutan umum jelang dan sesudah mudik 2023. Ramp check sudah dilakukan sejak Kamis (6/4) kemarin, sampai tanggal 14 April mendatang,” kata Kepala Dishub Kalsel, M Fitri Hernadi kepada wartawan, di Banjarmasin, Senin (10/4/2023).

Fitri mengatakan, dari hasil ramp check yang dilaksanakan, beberapa masih ditemukan angkutan yang belum direkomendasikan untuk beroperasi, namun juga tidak sedikit yang layak untuk beroperasi.

“Angkutan yang belum mendapat rekomendasi tetap diberikan kesempatan, dengan memenuhi persyaratan yang ada dan akan dilakukan pemeriksaan kembali,” ujar Fitri.

Fitri menyebutkan, pemeriksaan meliputi ban, kelengkapan kendaraan, sistem penerangan, roda kemudi, kondisi badan kendaraan, pemecah kaca, sistem pengereman, segitiga pengaman, pintu darurat dan jendela darurat, serta kondisi pengemudi yang wajib memenuhi syarat atau layak operasi.

5183
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

“Jadi masih ada waktu untuk pemilik angkutan, agar dapat memperoleh rekomendasi layak jalan jika telah memenuhi syarat yang telah ditentukan petugas,” pungkas Fitri.